Pesona Khas Jawa di Villa Borobudur

  • Hotel butik Villa Borobudur dengan arsitektur berundak.

    Hotel butik Villa Borobudur dengan arsitektur berundak.

  • Akomodasi tipe Villa Diponegoro menyuguhkan kolam renang privat.

    Akomodasi tipe Villa Diponegoro menyuguhkan kolam renang privat.

  • Arung jeram, salah satu aktivitas untuk tamu yang bisa diatur hotel.

    Arung jeram, salah satu aktivitas untuk tamu yang bisa diatur hotel.

  • Kolam renang utama di Villa Borobudur.

    Kolam renang utama di Villa Borobudur.

  • Kamar tipe Kinari di Villa Borobudur.

    Kamar tipe Kinari di Villa Borobudur.

  • Pemandangan dari Villa Borobudur.

    Pemandangan dari Villa Borobudur.

  • Villa Merapi yang dikelingi pepohonan rindang.

    Villa Merapi yang dikelingi pepohonan rindang.

Click image to view full size

Candi Borobudur termaktub dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia. Ia juga menjadi salah satu candi terbesar di dunia. Tiap tahunnya, candi yang dibangun pada wangsa Syailendra ini menarik ribuan turis dari seluruh Nusantara—bahkan dunia—berkat prosesi peringatan Waisaknya. Tak banyak penginapan di sekitar hotel yang masuk dalam kategori premium, Villa Borobudur termasuk salah satu dari jumlah sedikit tersebut.

Akomodasi tipe Villa Diponegoro menyuguhkan kolam renang privat.

Bangunan utamanya, Villa Borobudur, menaungi tujuh akomodasi di bawah atap berbentuk joglo autentik yang dibuat dari kayu jati. Dua kamar yang paling besar: Joglo Tutup dan Joglo Buka dilengkapi dengan ruang tamu, sedangkan sisanya merupakan akomodasi double lengkap dengan kamar mandi. Namun demikian, semua akomodasi di penginapan premium milik pasangan asal Jerman ini dianugerahi pemandangan Candi Borobudur, persawahan yang hijau, serta Gunung Sumbing yang sublim. Bila ingin opsi yang lebih privat dan eksklusif, tamu bisa memilih Villa Diponegoro yang memayungi satu kamar untuk dua orang lengkap dengan ruang santai dan kolam renang privat; atau Villa Merapi yang mengakomodasi empat kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kolam renang privat.

Dengan misi menonjolkan orisinalitas Jawa, vila-vila di properti ini dibangun dengan tangan dan memakai bahan kayu jati yang terkenal akan kekuatannya. Semua vilanya dirancang mengadopsi desain terbuka dengan langit-langit tinggi guna memaksimalkan sirkulasi udara. Di dalamnya, sang pemilik menghadirkan furnitur khas Jawa. Seniman lokal juga disewa untuk memproduksi lukisan-lukisan yang menghias tiap vila. Satu karya seni yang cukup mencolok adalah patung Pangeran Diponegoro karya Cipto Purnomo. Penghormatan terhadap salah satu pahlawan nasional Indonesia itu bukan tanpa alasan. Menurut sejarah, area sekitar berdirinya Villa Borobudur dulunya merupakan tempat menyepi pahlawan bersorban tersebut.

 

Pemandangan dari Villa Borobudur.

Menghadirkan penginapan premium bukan lantas melupakan penduduk dan alam sekitarnya. Oleh karena itulah Villa Borobudur memegang teguh tiga prinsip utama yakni mendukung, menjaga, dan mempromosikan kekayaan budaya Jawa. Merepresentasikan kultur Jawa yang ramah, tiap tamu diperlakukan layaknya keluarga di sini. Staf ramah siap membantu segala keperluan tamu selama 24 jam. Guna lebih memperkuat suasana Jawa, seluruh pegawai wanita—yang kebanyakan penduduk sekitar—mengenakan seragam kebaya dan kain.

Bertengger di Pegunungan Menoreh, kompleks yang dibuka pada Desember 2011 oleh petinju Chris John tersebut menawarkan bermacam kegiatan yang bersentuhan dengan alam. Beberapa opsi di antaranya seperti mengunjungi Candi Borobudur, ke Candi Prambanan untuk menonton pergelaran Ramayana, hiking maupun bersepeda ke desa-desa sekitar, berwisata ke air terjun, arung jeram dan masih banyak lagi aktivitas-aktivitas outdoor yang bisa diatur oleh hotel ini.

Dusun Pete, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah; 0293/552-5520; villaborobudur.com; vila satu kamar mulai $250, inklusif penatu dan makan tiga kali per hari.



Comments

Related Posts

3532 Views

Book your hotel

Book your flight