Peresmian Bandara Baru Istanbul

Bandara Baru IstanbulDisebut sebagai bandara terbesar sejagat, yang mampu menampung lebih dari 200 juta penumpang.

Bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Turki yang ke-95, Presiden Recep Tayyip Erdoğan melakukan peresmian Bandara Baru Istanbul pada 29 Oktober 2018. Bersemayam di distrik Arnavutköy, bandara yang menelan biaya hingga 11,7 miliar dolar tersebut diplot sebagai bandara terbesar di dunia.

Dengan luas mencapai mencapai 149.000 meter persegi, bandara tersebut dirancang mampu menampung hingga 200 juta penumpang. Jumlah tersebut nyaris dua kali lipat dari kapasitas bandara tersibuk di dunia, Hartsfield- Jackson Atlanta.

Namun, hingga saat ini bandara itu belum 100 persen rampung. Proses pembangunan masih berjalan di beberapa zona, termasuk penyelesaian enam landasan pacu serta lapangan parkir berkapasitas 70 ribu mobil.  Ke depannya, bandara ini digadang-gadang bakal menjadi hub penting yang menghubungkan Asia dan Eropa.

Baca juga: 4 Fakta Terbaru Bandara KertajatiBandara Baru India Mulai Beroperasi

Bandara Baru Istanbul
Langit-langit bandara didesain tinggi dan menyerupai kubah berlubang, sehingga dapat menyaring sinar matahari serta mengatur keseimbangan cahaya yang masuk.

Desain bangunannya ditangani oleh firma asal London, Grimshaw berkolaborasi dengan Haptic Architects dan Nordic Office of Architecture. Inspirasinya dipetik dari Masjid Süleymaniye dengan langit-langit berpola geometrik mencontek Louvre Abu Dhabi guna memaksimalkan penetrasi cahaya natural. Tak hanya desain tersebut yang menarik, bandara ini juga menaungi menara kontrol yang dibangun menyerupai bunga tulip, aula terminal transit berbentuk Selat Bosphorus, dan kompleks perbelanjaan bebas cukai berkonsep bazar.

Berkomitmen menjadi salah satu bandara ramah lingkungan, sistem canggih disematkan di Bandara Baru Istanbul guna mengurangi penggunaan air hingga 40 persen dan memangkas konsumsi energi hingga 21 persen dibandingkan bandara biasa.

Dalam dua bulan ke depan, bandara ini akan diterbangi oleh maskapai Turkish Airlines dari Istanbul menuju Ankara, Izmir, Antalya untuk penerbangan domestik, dan rute Azerbaijan serta Siprus Utara untuk rute internasional.

Informasi selengkapnya, kunjungi Istanbul New Airport.

Comments