Penerbangan Perdana Airbus BelugaXL

Beluga XL merupakan versi modifikasi Airbus A330-200.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada publik pada 1994 silam, Airbus A300-600ST (Super Transporter) atau yang populer disebut Airbus Beluga ini merupakan pesawat berbadan besar yang dimodifikasi untuk mengangkut kargo dan perlengkapan pesawat terbang lainnya. Setelah nyaris dua dekade hilir mudik di udara, kini saatnya pesawat raksasa tersebut segera pensiun dan digantikan dengan desain terbaru.

Memiliki ukuran enam meter lebih panjang dari pendahulunya, Airbus BelugaXL (Airbus A330-743L) mampu menampung 51 ton—nyaris enam ton lebih berat dari Beluga ST. Mulai bertugas tahun depan, burung besi berwajah mirip paus beluga tersenyum ini dilengkapi dengan mulut dan mata di kedua sisi hidungnya.

Setelah dilakukan uji coba selama 10 bulan untuk memastikan pesawat ini layak terbang, pekan lalu, Airbus BelugaXL resmi lakukan penerbangan perdana selama empat jam 11 menit sebelum kembali mendarat di bandara Toulouse Blagnac.  Nantinya, Airbus berencana membuat lima unit pesawat dengan wajah paus tersenyum ini secara bertahap.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi Airbus.

Comments