Pemandu Wisata Robot di Kyoto

Mulai akhir September 2018, turis akan diajak keliling kota oleh RoBoHon. (Foto: Japan Times)

Jepang kian memudahkan turis untuk berkunjung ke negaranya. Setelah memberlakukan bebas visa bagi turis WNI yang memegang e-paspor sejak beberapa tahun silam, mereka juga menawarkan akses WiFi gratis hingga membebaskan pajak belanja bagi pelancong. Tak berhenti sampai di sana, baru-baru ini, Kyoto kembali merilis layanan yang diklaim bakal memudahkan perjalanan turis—terutama solo traveler—saat berkelana di Jepang.

Mulai 22 September 2018 sampai 31 Maret 2019, perusahaan Sharp bekerja sama dengan MK taksi dan agensi travel JTB untuk menyediakan robot yang dapat mendampingi pelancong selama bepergian. Bernama RoBoHon, robot canggih dengan tinggi sekitar 19,5 sentimeter dan berat 390 gram ini dapat melayani dalam tiga bahasa: Jepang, Tionghoa, dan Inggris.

Baca juga: Destinasi Wisata Baru di Selatan TokyoMemori Rumah Tua di Kyoto

Shiizaki-Inari Shrine yang memikat. (Foto: ©Amanohashidate Tourist Association/©JNTO)

Selain dilengkapi dengan GPS yang dapat memberikan rekomendasi lokasi menarik, robot yang memiliki kecerdasan buatan ini juga akan memberikan beragam informasi penting seputar lokasi tersebut. Uniknya lagi, RoBoHon juga dilengkapi dengan layanan suara dan kamera sehingga Anda bebas melakukan swafoto. Layanan tersebut bisa disewa mulai dari Rp794.000 selama enam jam. Nantinya, Anda dapat memulai tur dari Stasiun Kyoto. Kemudian dilanjutkan dengan Kuil Kiyomizudera, Nanzen-ji dan Shōgunzuka Seiryu-den Hall.

Comments