Paspor Terkuat di Dunia 2018

paspor terkuat 2018Uni Emirat Arab jadi pemegang Paspor Paling Berpengaruh 2018.

Jerman dan Singapura tidak lagi dapat mengklaim negaranya memiliki paspor paling kuat di dunia, karena secara mengejutkan Uni Emirat Arab berhasil menyabet peringkat teratas tahun ini. Seperti yang tertulis dalam daftar Paspor Paling Berpengaruh 2018 yang baru saja diumumkan oleh Passport Index, UEA memiliki skor bebas visa sebanyak 167 negara Artinya, pemegang paspor negara Timur Tengah tersebut dapat masuk ke hampir 84 persen negara di dunia tanpa visa—atau dengan mengurus visa on arrival.

Berbeda dengan Henley Passport Index, survei tahunan besutan Arton Capital tersebut menilai paspor milik 199 negara di dunia hanya berdasarkan akses memasuki negara tertentu tanpa harus menggunakan visa.

Posisi kedua diduduki oleh Singapura dan Jerman dengan 166 negara, disusul oleh Denmark, Swedia, Finlandia, Luxembourg, Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, Norwegia, Korea Selatan, dan Amerika dengan 165 negara. Negara Asia lain yang berhasil masuk peringkat 10 besar adalah Jepang di posisi empat dan Malaysia pada peringkat tujuh. Indonesia berhasil mencatatkan prestasi yang cukup gemilang dengan naik lima peringkat ke posisi 57 dengan 76 negara bebas visa.

Baca juga: Dubai dari Atas PanggungTur Pasar di Dubai

Berikut sepuluh paspor terkuat versi Passport Index:

  1. Uni Emirat Arab – 167 negara
  2. Singapura dan Jerman – 166 negara
  3. Denmark, Swedia, Finlandia, Luxembourg, Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, Norwegia, Korea Selatan, dan Amerika – 165 negara
  4. Belgia, Austria, Jepang, Yunani, Portugal, Swiss, Inggris, Irlandia, dan Kanada – 164 negara
  5. Ceko dan Hungaria – 163 negara
  6. Malta, Islandia, dan Selandia Baru – 162 negara
  7. Malaysia, Slovenia, Polandia, Lituania, Slovakia, Latvia, Australia – 161 negara
  8. Estonia – 160 negara
  9. Romania dan Bulgaria – 158 negara
  10. Siprus dan Liechtenstein – 157 negara

Informasi selengkapnya, kunjungi Passport Index.

Comments