Panduan Makan di Portland

  • Frying Scotsman, kios yang menyediakan hidangan ikan dan kentang goreng khas Inggris.

    Frying Scotsman, kios yang menyediakan hidangan ikan dan kentang goreng khas Inggris.

  • Hidangan halal mudah ditemukan di sejumlah food cart.

    Hidangan halal mudah ditemukan di sejumlah food cart.

  • Pod bisa dijangkau dengan menggunakan angkutan umum.

    Pod bisa dijangkau dengan menggunakan angkutan umum.

  • Kios-kios makanan yang bertebaran di Portland.

    Kios-kios makanan yang bertebaran di Portland.

  • Meskipun sajiannya simpel dan tanpa alat makan mewah, kios makanan sangat diminati di Portland.

    Meskipun sajiannya simpel dan tanpa alat makan mewah, kios makanan sangat diminati di Portland.

  • Hidangan daging kambing khas Yunani.

    Hidangan daging kambing khas Yunani.

Click image to view full size

Walau tak punya restoran premium, Portland punya tempat spesial dalam peta kuliner Amerika. Rahasianya tersaji di kios-kios tepi jalan.
Oleh Mary Sasmiro

Banyak orang lebih mengenalnya sebagai Kota Mawar. Portland memang mengoleksi taman-taman megah berisi aneka varietas mawar dari penjuru bumi. Sejak awal abad ke-20, kota di barat Amerika ini juga rutin menggelar Festival Mawar.

Tapi sebenarnya ada magnet lain yang membuat Portland begitu memikat. Di antara wangi kembang yang semerbak memenuhi udara, kita bisa mengendus aroma masakan dari dapur-dapur yang berbaris di pinggir jalan. Warga lokal menyebutnya food cart. Bentuknya berupa kios atau truk makanan. Mengoleksi lebih dari 600 armada food cart yang tersebar di pojok-pojok kota, Portland kerap dijuluki “sentra makanan jalanan dunia.”

Julukan yang agak superlatif memang, apalagi di telinga orang Indonesia, tapi cukup fenomenal untuk standar Amerika. Kios makanan punya sejarah panjang, tapi truk makanan baru bersemi pada abad ke-17 di Amerika. “Resto berjalan” ini konon bermula di kota-kota pesisir timur. Ada banyak alasan kenapa food truck tetap lestari. Selain menawarkan mobilitas dan strategi jemput bola, bisnis ini menuntut biaya operasional yang lebih murah. Merujuk data lembaga riset IBISWorld, industri food truck tumbuh 12 persen per tahun dari 2009, dan kini bernilai hampir $1 miliar.

Di Portland, bisnis yang dijuluki “mobile cuisine” itu mengidap karakter yang agak berbeda. Banyak pelakunya justru lebih nyaman menetap di satu titik ketimbang berpindah-pindah. Kawasan tempat berkumpulnya segerombolan food cart biasa disebut “pod.” Beberapa pod yang terkenal antara lain Alder, Fifth Avenue, Third Avenue, Portland State University, dan Mississippi Marketplace. >>



Comments

Related Posts

4975 Views

Book your hotel

Book your flight