Pameran Sejarah Kereta Api Indonesia

Kereta api di Ambara, salah satu museum kereta api di Indonesia. (Foto: PT KAI)
Kereta api di Ambara, salah satu museum kereta api di Indonesia. (Foto: PT KAI)

  • Kereta api di Ambara, salah satu museum kereta api di Indonesia. (Foto: PT KAI)

    Kereta api di Ambara, salah satu museum kereta api di Indonesia. (Foto: PT KAI)

  • Stasiun Solo Jebres di kota Surakarta. Di Pulau Jawa, banyak stasiun-stasiun kuno yang harus dilestarikan. (Foto: PT KAI)

    Stasiun Solo Jebres di kota Surakarta. Di Pulau Jawa, banyak stasiun-stasiun kuno yang harus dilestarikan. (Foto: PT KAI)

Click image to view full size

Sejatinya, dunia perkeretaapian di Indonesia sudah ada sejak dua abad silam. Semarang menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki jalur kereta api. Pembangunannya dilaksanakan dimulai 17 Juni 1864 dan dipimpin oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, L.A.J Baron Sloet van den Beele. Namun sayang, semua sejarah itu seakan terkubur seperti jalur kereta api lawas yang sekarang jarang digunakan. Erasmus Huis bekerja sama dengan Pusat Pelestarian dan Benda Bersejarah PT Kereta Api Indonesia menggelar pameran bertajuk The History of Indonesian Railways. Bertempat di gedung Erasmus Huis di Jakarta, pameran ini akan berlangsung mulai 24 September hingga 20 Oktober 2013. Di sini pengunjung dapat melihat koleksi foto, peta jalur kereta api, hingga miniatur kereta api kuno. Sejumlah film dokumenter mengenai perkeretaapian Indonesia juga akan diputar selama pameran.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi indonesianheritagerailway.com

Share this Article


Comments

Related Posts

4532 Views

Book your hotel

Book your flight