Padu Padan Koktail dan Hidangan Prima

  • Penicillin Twist cocok disandingkan dengan daging kambing berbumbu Asia.

    Penicillin Twist cocok disandingkan dengan daging kambing berbumbu Asia.

  • Koktail Across the Border didesain untuk memperkaya aroma daging bakar.

    Koktail Across the Border didesain untuk memperkaya aroma daging bakar.

  • Rhys Wilson memiliki jam terbang tujuh tahun sebagai mixologist.

    Rhys Wilson memiliki jam terbang tujuh tahun sebagai mixologist.

Click image to view full size

Bagi Head Mixologist Potato Head Garage, Rhys Wilson, menu utama tak hanya cocok disandingkan dengan wine, tapi juga koktail.

Oleh Reza Idris
Foto oleh Joe Sabarto

Penicillin Twist + Asian Grilled Lamb Chop
“Bahan-bahan minuman ini punya rasa dominan, tapi setelah dicampur justru memproduksi rasa yang lembut dan ringan,” ujar Rhys. Koktail Penicillin sebenarnya tidak cocok disandingkan dengan menu daging, tapi saat bertemu daging kambing yang direndam bumbu bernuansa Asia, ia sanggup meningkatkan cita rasa dari tiap elemen bumbu. Minuman ini juga memakai wiski Talisker untuk menghasilkan aroma smoky yang halus. Koktail Penicillin, minuman twist dari koktail klasik karya Sam Ross, juga terkenal akan sensasi segarnya di tenggorokan. “Saya ingin memberikan pendekatan segar pada makanan,” tambah Rhys.

Beside the Rossini + Rossini Wagyu Beef & Foie Gras
Kombinasi menu daging dan foie gras mengidap kualitas rasa yang kuat, dan koktail Beside the Rossini dirancang untuk memperkaya rasa pada kedua hidangan tersebut tanpa memberi beban terlalu berat di tenggorokan. Dua drop Jerry Thomas Bitter dan coffee liqueur pada minuman racikan ini memang memicu sensasi pahit di lidah. Tapi berkat sentuhan wiski dan Cherry Heering, keseimbangan rasa berhasil dijaga dan ekses lemak makanan pada dinding mulut bisa turut terlarut.

Across the Border + Wood Fire Grilled Bone in OP Ribeye
Terinspirasi koktail klasik “Manhattan-Style,” Across the Border memakai bahan dasar wiski buatan Amerika dan wine merah untuk menciptakan cairan bercitarasa kuat yang dapat memperkaya aroma daging bakar. Proses pencampuran bahannya menuntut keuletan, keluwesan, serta kehati-hatian. “Jika diracik terlalu cepat, kadar wine bisa mudah larut dengan air. Harus konsisten supaya kadar dingin minuman terjaga dan seluruh rasanya menyatu seimbang,” kata Rhys. Cairan racikan itu kemudian disaring, lalu dituang ke gelas koktail berdesain elegan. “Minuman berbahan dasar wiski sangat cocok disandingkan dengan sejumlah hidangan, salah satunya daging bakar setengah matang.”

Rosemary Teaser + Grilled Prawns Couscous
“Untuk seafood, pilih minuman racikan berbahan sitrun, buah-buahan, atau serai,” jelas Rhys. Rosemary Teaser adalah salah satunya. Minuman dengan rasa ringan ini lazimnya digemari kaum wanita. Rasa segarnya didapat dari bahan-bahan seperti jus lemon, peach liqueur, sirop rosmari, serta black tea. “Seafood memiliki cita rasa dominan pada lidah, jadi hindari koktail berat yang bisa menghilangkan rasa tersebut,” sarannya. Nasi couscous memiliki rasa asam dari campuran vinegar, sehingga efektif menenangkan daya kecap lidah sebelum dimanja dengan rasa distingtif udang.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Mei/Jun 2014 (“Serasi Sepadan”)



Comments

Related Posts

2927 Views

Book your hotel

Book your flight