Orchard Road Singapura Bebas Asap Rokok

Orchard Road, distrik wisata paling populer di Singapura. (Foto oleh orchardroad.org)

Jika Anda perokok, siap-siap untuk berusaha lebih keras menahan keinginan untuk merokok atau mau berjalan lebih jauh untuk memenuhi asupan nikotinnya saat berwisata di Orchard Road, Singapura. Pasalnya, mulai Juli mendatang, kawasan belanja tersebut bakal diubah menjadi area bebas asap rokok.

Jika sebelumnya merokok diperbolehkan di trotoar sepanjang Orchard Road, maka kini pengunjung hanya diperbolehkan untuk mengisap rokoknya di lima area rokok khusus di zona tersebut. Lokasinya adalah di belakang Stasium MRT Somerset, Cuppage Terrace, Orchard Towers, Far East Plaza, dan The Heeren. Selain melarang merokok di ruang terbuka, restoran dan bar yang berada di Orchard Road juga bakal diminta untuk menutup area merokoknya. (Setidaknya ada 16 restoran dan bar di sini yang memiliki ruang merokok.)

Meskipun demikian, beberapa gedung masih diizinkan untuk membangun area merokok di dalam area mereka, dengan syarat memenuhi standar yang ditetapkan oleh National Environment Agency (NEA).

Peta wilayah yang terlarang untuk merokok di Orchard Road. (Foto dari NEA)

Setelah peraturan baru ini ditetapkan pada Juli 2018, dalam tiga bulan pertama pelanggar hanya akan diingatkan secara lisan. Tapi bila tidak mengindahkan peringatan tersebut, petugas berhak untuk mengeluarkan denda. Mulai Oktober 2018, petugas tak akan segan untuk langsung menindak para pelanggar.

Wacana untuk mengurangi area merokok juga diberlakukan di seluruh Singapura. Akhir Juni 2017, pemerintah juga sudah tidak menerima lagi pengajuan izin untuk membuka area merokok di gerai-gerai makanan di seluruh negeri.

Comments