Nasib Akhir Samsung Galaxy Note 7


Samsung Galaxy Note 7.

Selesai sudah perjalanan gajet Samsung Galaxy Note 7. Ponsel pintar yang mengalami gangguan di bagian baterai ini resmi ditarik dari peredaran. Tak hanya itu, Samsung juga menghentikan produksinya. Akan tetapi, dari jutaan unit yang telah terjual, tak semua pemiliknya sudah mengembalikan atau menukarkan gawai tersebut.

Oleh karena itu banyak pihak yang mengeluarkan larangan resmi atas ponsel pintar yang bisa terbakar ini. Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta misalnya, papan pengumuman pelarangan membawa gajet ini ke dalam pesawat dipasang di konter-konter check-in maskapai. Selain itu, pengumuman secara lisan juga kerap terdengar di seantero bandara.

Bandara Internasional Hong Kong juga melakukan hal serupa. Mereka melarang keras penumpang untuk membawa terbang Samsung Galaxy Note 7. Pelarangan ini resmi dikeluarkan pada 17 Oktober 2016 menyusul peraturan resmi yang diterbitkan oleh Departemen Transportasi Amerika Serikat. “Penumpang dilarang membawa Galaxy Note 7 baik secara personal, di tas, maupun bagasi dalam penerbangan dari dan ke Hong Kong,” demikian kurang lebih bunyi pengumuman yang disebar di bandara.

Di Negeri Paman Sam sendiri kini membawa Galaxy Note 7 ke dalam penerbangan merupakan tindak kriminal. Siapapun yang melanggar bisa dikenakan denda hingga $179.933 atau hukuman kurungan penjara hingga 10 tahun. Larangan lebih serius ini diambil setelah terjadi kurang lebih 100 kasus Galaxy Note 7 yang terbakar secara tiba-tiba. Sebelumnya, maskapai hanya melarang penumpang untuk menyalakan atau menggunakannya sepanjang penerbangan.

Jemput bola

Meski instruksi untuk mengembalikan Galaxy Note 7 telah dikeluarkan oleh Samsung Electronics, namun beberapa ratus ribu unit masih berada dalam peredaran. Guna mempercepat pengumpulan produk gagal tersebut, raksasa elektronik Korea Selatan itu melakukan sistem jemput bola dengan membuka kios-kios di bandara internasional. Lokasinya tersebar mulai dari Australia (Sydney dan Melbourne), Korea Selatan (Incheon), Taiwan (Taipei, Kaohsiung, Taichung, dan Taipei Songshan), Singapura, serta Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Fortune, di kios tersebut Samsung menawarkan gift card tambahan senilai $25 jika menyerahkan Galaxy Note 7. Tersedia juga diskon sebesar $100 jika menukarkan gawai tersebut dengan ponsel Samsung tipe lainnya. Data juga bisa langsung ditransfer ke ponsel pengganti di situ juga.



Comments

Related Posts

1402 Views

Book your hotel

Book your flight