Museum Seni Digital Siap Ramaikan Tokyo

Karya seni Untitled yang sempat dipamerkan di beberapa negara.

Odaiba, distrik belanja dan hiburan di Tokyo, akan semakin menarik untuk dikunjungi tahun ini. Pada 21 Juni 2018, kawasan tersebut akan menyambut Mori Building Digital Art Museum: teamLab Borderless, sebuah museum yang menampilkan  instalasi-instalasi dan karya seni canggih bernuansa psikedelik.

Museum ini merupakan proyek kerja sama antara Mori Building dengan teamLab, organisasi seni yang memiliki misi menghadirkan karya-karya seni melalui penggunaan teknologi. Di Indonesia, hasil karya mereka pernah ditampilkan di Plaza Indonesia melalui wahana interaktif khusus anak-anak pada 2017.

teamLab Borderless akan menampilkan Ruang seni sekitar 50 karya di ruangan seluas 10.000 meter persegi. Beberapa karya yang dipamerkan termasuk Untitled, instalasi seni berbentuk ruang yang dibanjiri proyeksi video air terjun warna-warni ke seluruh sudut. Selain itu, ada juga Forest of Resonating Lamps, instalasi yang sekilas mirip dengan Infinity Mirror karya Yayoi Kusama. Yang membedakan, Lamps menggunakan ratusan lampion yang warna lampunya dapat berubah karena interaksi dengan manusia. Selain karya seni, museum ini juga akan menyuguhkan area panjat dinding yang dipadukan dengan karya seni digital.

Forest of Resonating Lamps dengan lampu-lampu yang dapat berubah-ubah warna.

Menurut teamLab Borderless, mereka ingin menghadirkan pengalaman menikmati seni yang mendobrak batas-batas tradisional antara seni dan penikmatnya. Untuk mewujudkan karya-karya seni tersebut, mereka menggunakan 520 komputer serta 470 proyektor.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Mori Building Digital Art Museum: teamLab Borderless.

Comments