Menyelami Alam Bintan

Pulau ini menawarkan begitu banyak aktivitas petualangan, mulai dari menyusuri sungai hingga mendaki gunung.

DestinAsian Indonesia
Eksterior Villa on The Rocks, Banyan Tree Bintan.

Bagi mereka yang gemar menjelajahi alam asri, Bintan wajib tercantum dalam agenda trip. Pulau ini menawarkan begitu banyak aktivitas petualangan, mulai dari menyusuri sungai yang membelah hutan bakau hingga mendaki lereng rimbun Gunung Bintan. Nikmati perjumpaan dengan fauna dan flora lokal, serta selami keindahan alam Bintan.

Tur Bintan Mangrove.

Bertualang di Hutan Bakau
Nikmati petualangan seru dan asyiknya berdekatan dengan alam dengan mengikuti tur sungai bakau. Kegiatan yang ditawarkan sejak pagi hingga malam ini akan membawa Anda menaiki perahu untuk kemudian menyusuri sungai yang dibalut hutan alami. Selagi meluncur mengikuti meander sungai, Anda akan menyaksikan bermacam tumbuhan dan hewan di habitatnya. Jangan kaget jika mendapati seekor ular yang sedang melilit ranting pohon atau biawak yang berenang di sela-sela akar bakau!

Dalam setiap tur Bintan Mangrove, pramuwisata berpengalaman akan memandu Anda, termasuk menunjukkan dan menjelaskan keragaman akar bakau serta fungsi krusial hutan bakau bagi ekosistem. Selain menyediakan wadah hidup bagi aneka makhluk, hutan bakau berperan melindungi pesisir dari bahaya abrasi dan erosi. Karena itulah, di sini, aturan baku kaum pencinta alam berlaku: jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak, jangan mengambil apa pun kecuali gambar, dan jangan membunuh apa pun kecuali waktu. Di malam hari, suguhan hutan bakau yang magis bisa dinikmati: menyusuri sungai yang hening di mana ratusan kunang-kunang beterbangan di ranting-ranting rendah.

Mengunjungi suaka penyu di Bintan.

Menyapa Penyu & Tukik
Indonesia, negara kepulauan yang memiliki 13.000 pulau dan garis pantai sepanjang 54.700 kilometer, telah lama menjadi tempat favorit penyu menetap dan berkembang biak. Enam dari tujuh spesies penyu yang dikenal dunia berkeliaran di laut hangat Indonesia dan secara regular menyimpan telur mereka di banyak pantai. Sayangnya, satwa lembut ini sekarang terancam punah. Kondisi itulah yang memicu inisiatif-inisiatif konservasi penyu, termasuk di Bintan.

Penyu hijau dan penyu sisik adalah tamu langganan di pesisir Bintan. Di pantai berpasir putih yang membingkai pulau ini, mereka memulai perjalanannya ke laut dan kembali berkunjung untuk bertelur. Nirwana Gardens, Angsana Bintan, dan Club Med Bintan Island adalah sebagian resor yang berpartisipasi dalam menyelamatkan dan menangkarkan telur-telur tersebut. Kunjungi suaka penyu yang dikelola mereka untuk mempelajari, memahami, dan mendukung inisiatif mereka. Di waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa ikut melepas tukik-tukik yang menggemaskan ke laut lepas.

Berkunjung ke Safari Lagoi untuk menyaksikan satwa darat.

Menikmati Safari Lagoi
Safari Lagoi adalah tempat terbaik bagi Anda yang datang bersama si buah hati. Taman rekreasi ini menawarkan kesempatan langka dan menyenangkan untuk melihat sejumlah satwa langka, eksotis, dan endemis Indonesia, sekaligus memahami biodiversitas negara kepulauan ini. Penting diketahui, Safari Lagoi mengemban misi penyelamatan hewan. Banyak satwa koleksinya merupakan penyintas dari perdagangan ilegal.

Begitu memasuki taman, Anda akan langsung disambut oleh seekor ungka yang sangat gemar dielus-elus punggungnya. Menembus taman lebih dalam, beragam satwa langka hasil operasi penyelamatan bisa ditemui, termasuk ular sanca albino, beruang, komodo, dan orangutan.

Selain satwa, Safari Lagoi memiliki ladang pertanian ramah lingkungan seluas 17 hektare yang ditanami aneka tanaman sayur dan buah, salah satunya durian. Wisatawan bisa menjelajahi kebun ini dengan meniti jalan setapak. Persis sebelum meninggalkan taman, sepiring kejutan siap melepas Anda dengan rasa manis-asam-pedas: rujak buah segar dengan baluran saus gula aren.

Comments