Menjadi Ninja di Hokkaido

Kota buatan dengan arsitektur kuno Periode Edo.

Oleh Reza Idris
Foto oleh Irene Barlian

Liburan ke Prefektur Hokkaido di Jepang tak hanya berisi agenda bermain ski. Di luar musim dingin, prefektur yang terletak di pulau di sisi utara Jepang tersebut juga menawarkan beragam aktivitas menarik. Salah satunya merasakan menjadi ninja dan hidup di Jepang di Periode Edo di Noboribetsu Date Jidaimura.

Taman hiburan seluas empat hektar ini hendak mengajak para tamunya memutar waktu ke Periode Edo di saat Jepang berada dalam kekuasaan Shogun Tokugawa dari 1603-1867—sebuah zaman emas ketika Negeri Sakura menikmati kestabilan politik hingga perekonomian dan seni pertunjukan pun tumbuh pesat.

Pengunjung juga dapat menjajal beberapa ilmu dasar ninja.

Seperti memorabilia dari masa silam, Noboribetsu Date Jidaimura merawatkarisma kampung klasik khasJepang. Kita bisa melihat sepenggalkehidupan di saat para ninja menyelinap ditengah gelap, kaum samurai berseliweranmenenteng katana, dan geisha berkeliarandalam kimono. Berjalan-jalan di sini,pengunjung juga akan menemukan ganggangberalaskan pasir yang dipagaribarisan bangunan berarsitektur tradisional.Tentu saja, mayoritas bangunan di sinitelah beralih fungsi, misalnya sebagaikios suvenir, kedai makanan, atau tempatbermain anak-anak.

Baca juga: Kanal Bersejarah di Prefektur Hokkaido; Wisata Sejarah dan Masa Depan di Krakow

Staf Noboribetsu Date Jidaimura yang berdandan kostum ninja.

Kampung rekreasi ini dikemas menghibur bagi tamu. Sesuai dengan misinya mendedahkan wajah lawas Negeri Sakura, Noboribetsu Date Jidaimura menyuguhkan pentas budaya tradisional, contohnya peragaan atraksi ninja di Kasumi Ninja House, serta pentas teater geisha yang membuka kesempatan bagi penonton untuk terlibat langsung dalam pentas.

Menariknya, karena taman bermain ini mengusung tema masa lalu, restoran dan toko di dalamnya juga mengusung desain Periode Edo. Bahkan pelayannya pun menggunakan kostum yang lazim dikenakan di periode tersebut. Jika ingin membaur bersama mereka, Noboribetsu Date Jidaimura juga menyediakan tempat persewaan kostum mulai dari kimono, samurai, hingga ninja.

Pengunjung juga dapat menjajal beberapa ilmu dasar ninja.

Taman rekreasi ini dapat dijangkau menggunakan kereta dengan waktu tempuh sekitar dua jam dari pusat kota Sapporo. Dari Sapporo, pengunjung cukup naik kereta JR Hokkaido Muroran Main Line kemudian turun di Stasiun Noboribetsu. Dari stasiun ini, perjalanan dilanjutkan dengan bus Donan selama delapan menit.

Infoirmasi lebih lanjut, kunjungi edo-trip.jp.

Tags : Jepang
Comments