Melancong Bebas Visa ke Brasil

Kini Anda bebas mengunjungi beberapa kota di Brasil seperti Rio de Janeiro dan São Paulo selama kurang lebih 30 hari. (Foto: Visit Rio)

Beberapa tahun belakangan ini, Indonesia semakin dilirik sebagai eksportir turis dunia. Usai Uzbekistan dan Hainan merilis bebas visa bagi turis WNI, kini giliran Brasil yang meresmikan kebijakan untuk meloloskan wisatawan dari visa—yang berlaku selama kurang lebih 30 hari, dalam kunjungannya ke negara paling timur di Benua Amerika tersebut.

Hal ini merupakan hasil pertemuan Menteri Luar Negeri Brasil, Aloysio Nunes Ferreira dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, pada 11 Mei 2018 silam. Perwakilan pemerintah Indonesia dan Brasil menandatangani kesepakatan bebas visa bagi diplomat dan pejabat pemerintah, serta pemegang paspor biasa yang hendak berkunjung ke masing-masing negara. Keistimewaan yang resmi berlaku pada pertengahan Juni mendatang ini dapat menjadi opsi menarik bagi wisatawan yang mendambakan tempat wisata baru, seperti Rio de Janeiro dan São Paulo. Selain meningkatkan sektor pariwisata, fasilitas ini juga diharapkan dapat membuka akses pasar bagi produk-produk Indonesia di Amerika Latin, seperti ikan, kelapa sawit dan karet.

Comments