Masuk ke Jepang Kini Tanpa Visa

Kuil Ruujin di Yokohama.

Mungkin ini adalah kabar yang ditunggu-tunggu oleh sebagian penduduk ASEAN. Mulai 1 Juli mendatang, kunjungan ke Jepang tak perlu menggunakan visa lagi. Demikian dikutip dari pernyataan Kementerian Luar Negeri Jepang.

Namun, menurut pernyataan resmi tersebut, pembebasan visa hanya berlaku bagi dua negara Asia Tenggara yakni Thailand dan Malaysia menyusul Singapura dan Brunei Darussalam yang terlebih dahulu menikmati kebijakan ini.

Pihak Kementerian Luar Negeri Jepang menegaskan, keputusan ini diambil sebagai tanda perayaan 40 tahun hubungan ASEAN dan Jepang. Sementara itu, untuk Indonesia, seperti dilansir dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, kebijakan bebas visa tersebut tidak berlaku. Namun bebarengan dengan momen tersebut, pihak pemerintah Jepang memberikan perpanjangan visa multiple entry dari 15 hari ke 30 hari. Meskipun demikian, tidak semua WNI mendapatkan previlese ini.

Diharapkan pembebasan visa bagi sejumlah warga negara ASEAN tersebut mampu mendongkrak angka wisatawan ke Jepang, terutama Tokyo. Mereka menargetkan sebanyak satu juta wisatawan Asia Tenggara berkunjung ke Ibu Kota tersebut. Tahun lalu, jumlahnya tercatat “hanya” 780.000.

Comments