Maraknya Bisnis Online Booking


Online booking digemari pelancong karena lebih ringkas.

  • Online booking digemari pelancong karena lebih ringkas.

    Online booking digemari pelancong karena lebih ringkas.

  • Kini turis bisa memesan tiket pesawat dan kamar hotel melalui satu situs.

    Kini turis bisa memesan tiket pesawat dan kamar hotel melalui satu situs.

Click image to view full size

Online booking digemari pelancong karena lebih ringkas.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pengguna internet di negeri ini pada 2012 mencapai 63 juta orang. Sekitar 14 juta di antaranya mencatatkan transaksi pembelian jasa dan barang via internet, termasuk memesan kamar hotel. Di mata biro-biro perjalanan, statistik tersebut bisa diartikan sebagai lampu kuning. Ketimbang menelepon mereka, publik kini bisa secara mandiri mengakses situs-situs reservasi, membandingkan harga, mencari referensi dari pengguna, lalu memesan kamar.

Akankah internet membunuh bisnis biro perjalanan? Mungkin tidak dalam waktu singkat. Sejumlah studi, salah satunya dari Forrester Research, menunjukkan bahwa banyak orang kini justru meninggalkan online booking dan beralih kembali ke biro perjalanan. Alasan mereka beragam, tapi ada dua yang penting disimak. Pertama, online booking umumnya tak menyediakan layanan komunikasi verbal saat terjadi masalah, sehingga konsumen tak bisa langsung mengadu dan meminta solusi. Alasan kedua, banyak online booking didesain untuk pasar internasional dan kerap gagal memahami kebutuhan lokal.

Beberapa pakar internet kemudian memprediksi, kontraksi tersebut bakal melahirkan konvergensi antara bisnis online dan offline antara layanan yang bersifat global dan lokal. Di Indonesia, gejalanya mulai tampak. Situs reservasi internasional semacam Wego dan Agoda misalnya, telah menyediakan informasi dalam bahasa Indonesia. Di sisi yang lain, biro perjalanan nasional mulai terjun ke bisnis online booking guna memudahkan konsumen dalam membandingkan tarif dan memesan kamar. GoIndonesia dan Bookpanorama bagian dari proses ini. GoIndonesia diluncurkan oleh KAHA Group. Tahun lalu, online booking ini telah menjalin kerja sama dengan sekitar 1.000 hotel. Meski modus operasinya serupa dengan mayoritas online booking, tapi GoIndonesia punya dua fitur unik yang membuatnya percaya diri untuk bersaing. >>



Comments

Related Posts

3960 Views

Book your hotel

Book your flight