Gedung Terbesar di Dunia

Fasad New Century Global City.

Lupakan panda. Hewan asli Chengdu tersebut popularitasnya akan segera digeser oleh mal New Century Global Center yang baru saja selesai dibangun di kota tersebut. Menempati lahan seluas 176 hektare, pusat perbelanjaan dan hiburan ini dianugerahi gelar bangunan independen terbesar di dunia. Saking luasnya, 20 gedung Sydney Opera House atau tiga buah gedung Pentagon bisa dijejalkan di dalamnya.

Selain pusat perbelanjaan, bangunan ini menaungi perkantoran, dua hotel dengan kamar mencapai 1.000 unit lebih, bioskop IMAX dengan 14 layar, sebuah arena seluncur es, desa bergaya Mediterania serta taman bermain air lengkap dengan pantai buatan dilengkapi dengan layar LED raksasa untuk menampilkan pemandangan lautan berikut matahari terbenamnya. Uniknya, mal ini dilengkapi dengan cahaya matahari buatan agar pengunjung merasa seperti sedang berjalan-jalan di luar ruangan. Dengan luas bangunan mencapai 1,7 juta meter persegi, New Century Global Center mengalahkan pemegang rekor sebelumnya: Bandara Internasional Dubai.

Sejatinya ini bukan pertama kalinya RRC membangun mal raksasa. Delapan tahun silam, New South China Mall berdiri dengan gelar mal terbesar di dunia dalam hal jumlah toko. Bahkan di dalamnya dilengkapi dengan sungai buatan menyontek Venice. Namun kenyataan tidak sesuai dengan rencana. Toko-toko yang disediakan hanya terisi sebanyak 2 persen sejak pertama dibuka untuk publik.

Comments