Luxembourg Gratiskan Transportasi Publik

luxembourgLuxembourg terkenal sebagai negara paling minim polusi dan memiliki banyak bangunan historis serta modern. (Foto: Visit Luxembourg).

Kabar gembira bagi turis yang akan berkunjung ke Luxembourg. tetangga Jerman dan Belgia ini menggratiskan seluruh alat transportasi publik mulai musim panas 2019. Tranportasi umum yang digratiskan mencakup kereta, trem, dan bus.

Kota kecil dengan 600.000 penduduk tersebut memulai programnya pada musim panas 2018 dengan menggratiskan transportasi publik bagi anak-anak dan remaja di bawah usia 20 tahun. Sementara untuk murid SMP, disediakan shuttle untuk mengangkut mereka dari rumah ke sekolah dan sebaliknya secara sonder bayar.

Baca juga: 10 Kota Paling Layak Huni; 10 Kota Terbaik Untuk Milenial

Saat ini, penumpang di seluruh angkutan umum di Luxembourg dipungut biaya dua euro untuk perjalanan hingga dua jam. Cukup untuk menjelajahi negara yang memiliki luas hanya 2.590 kilometer persegi.

Keputusan untuk menggratiskan biaya transportasi ini disusul memburuknya tingkat kemacetan di Luxembourg City, Ibu Kota negara tersebut. Kota ini dihuni sebanyak 110.000 penduduk, namun di hari-hari biasa, ada sekitar 400.000 orang yang datang ke kota ini untuk bekerja.

Meskipun demikian, kelak tak seluruh angkutan umum akan dapat ditumpangi secara gratis. Seperti dikutip dari The Guardian, pemerintah masih belum memutuskan untuk ikut membebaskan biaya bagi penumpang kereta first class dan second class.

Tags : wisata eropa
Comments