Kota dengan Kualitas Hidup Terbaik 2019

Wina kembali dinobatkan jadi kota dengan kualitas hidup terbaik tahun ini. (Foto: Jacek Dylag)

Tahun ini, Mercer telah mengumumkan kota-kota di dunia yang resmi menyandang gelar sebagai kota paling nyaman untuk ditinggali. Berbeda dengan indeks yang diterbitkan oleh The Economist, daftar Quality of Living versi lembaga yang bermarkas di New York tersebut menilai 231 kota di dunia berdasarkan 39 faktor yang dikelompokkan dalam 10 kategori. Mulai dari tempat tinggal, pendidikan, kesehatan, layanan publik dan transportasi, iklim, bencana alam, rekreasi, politik, hingga sosial.

Sejak daftar ini dirilis pada 2010 silam, Wina selalu bertengger di posisi wahid. Kota di Austria tersebut dinilai memiliki transportasi umum yang memadai dengan tingkat kemacetan rendah. Selain itu, biaya hidup di Wina terbilang murah jika dibandingkan dengan kota-kota di Eropa lainnya. Pesaing terdekatnya dalam daftar adalah Zurich yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Peringkat tiga dihuni Munich, Auckland, dan Vancouver.

Baca juga: Pulihnya Kejayaan City Palace Wina; Tur Budaya Nan Menarik di Wina

Sayangnya, Jakarta masih belum berhasil masuk 100 besar dan bertengger di posisi ke-142. Urutan yang terbilang cukup jauh jika dibandingkan dengan Singapura di posisi 25 dan Kuala Lumpur di peringkat ke-85. Sedangkan, dua kota yang paling tidak layak huni jatuh ke tangan Damaskus dan Bangui yang terletak di Republik Afrika Tengah. Berikut daftar 10 besar kota dengan kualitas hidup terbaik 2019:

1. Wina, Austria

2. Zurich, Swiss

3. Vancouver, Kanada

3. Munich, Jerman

3. Auckland, Selandia Baru

6. Düsseldorf, Jerman

7. Frankfurt, Jerman

8. Kopenhagen, Denmark

9.Jenewa, Swiss

10.Basel, Swiss

Informasi selengkapnya, kunjungi Quality of Living.

Comments