Kereta Bandara Jakarta Segera Beroperasi

Kereta akan melayani 82 perjalanan per hari dengan target 33.000 penumpang. (Foto ilustrasi).

Kini ada opsi lain untuk menjangkau Bandara Soekarno-Hatta Jakarta selain menggunakan mobil, bus, maupun taksi. Menjelang akhir tahun ini, Kementerian Perhubungan akan menguji coba kereta bandara yang akan menghubungkan pusat kota Jakarta dengan salah satu bandara tersibuk di dunia tersebut.

Rencananya, kereta ini akan beroperasi mulai Desember 2017 serta berhenti di lima stasiun, yakni Manggarai, Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Namun di tahap awal operasi, kereta listrik ini hanya akan melayani perjalanan dari Stasiun Sudirman Baru hingga bandara saja sembari menunggu stasiun-stasiun yang disebutkan rampung dibangun.

Jadwal kereta dari pusat kota Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya. (Foto: Railink).

Dikutip dari berbagai sumber, kereta ini bakal beroperasi dengan jarak 37,12 kilometer dengan durasi 55 menit. Rencananya, bakal ada 82 perjalanan yang akan dilayani per harinya menggunakan 10 gerbong kereta. Kereta pertama dijadwalkan meninggalkan bandara Stasiun Sudirman Baru pukul 03:21 tiap hari, sedangkan kereta terakhir akan berangkat dari stasiun yang sama pada 22:51.Jika semua berjalan lancar, kereta ini ditargetkan untuk 33.000 penumpang setiap hari.

Selama masa promosi hingga 31 Desember 2017, tiket kereta dibanderol Rp30.000 per orang sekali jalan dan akan berubah menjadi Rp100.000 per orang mulai Januari 2018.



Comments

Related Posts

2534 Views

Book your hotel

Book your flight