Keramahan Khas Indonesia

  • Kolam renang semi-terbuka dengan latar gedung pencakar langit.

    Kolam renang semi-terbuka dengan latar gedung pencakar langit.

  • Gedung Keraton at The Plaza yang megah tampak dari luar.

    Gedung Keraton at The Plaza yang megah tampak dari luar.

  • Restoran Bengawan: rumah bagi makanan Indonesia berkelas dengan cita rasa autentik.

    Restoran Bengawan: rumah bagi makanan Indonesia berkelas dengan cita rasa autentik.

  • Pemandangan Jakarta dari kamar tipe Junior Suite.

    Pemandangan Jakarta dari kamar tipe Junior Suite.

  • Suasana Keraton Lounge yang mirip ruang tamu di rumah.

    Suasana Keraton Lounge yang mirip ruang tamu di rumah.

  • Megah tapi hangat karena ada sentuhan personal di dalamnya.

    Megah tapi hangat karena ada sentuhan personal di dalamnya.

  • Kursi di pojokan lobi yang lega.

    Kursi di pojokan lobi yang lega.

Click image to view full size

Tak mengikuti tren serba minimalis, Keraton at The Plaza malah mengusung tema Indonesia. Hasilnya, mereka sukses menjadi salah satu hotel luks terbaik di Jakarta.
Oleh Yohanes Sandy

—LOKASI Mengusung nama lengkap Keraton at The Plaza, hotel bintang lima ini terletak di salah satu lokasi strategis Ibu Kota. Lokasinya memudahkan bagi para business traveler untuk mengakses kantor-kantor ternama di pusat kota. Berdiri menjulang persis di dekat air mancur Bundaran Hotel Indonesia, Keraton at The Plaza menempel dengan mal prestisius Plaza Indonesia demi menunjang kebutuhan gaya hidup. Hotel pertama di Jakarta dari jaringan Luxury Collection Starwood Hotels ini menaungi 140 kamar dengan luas kamar tipe terkecil mencapai 65 meter persegi. Sangat luas untuk ukuran kamar standar di Jakarta.

—DESAIN Sesuai dengan namanya, Keraton at The Plaza mengusung konsep luks dengan sentuhan budaya Jawa. Desain bangunan dan interior dikerjakan oleh SCDA Singapore dan Burega Farnell, firma desain yang kerap memenangkan penghargaan atas karyanya. Untuk memoles tampilannya, pernak-pernik bernuansa Indonesia disematkan oleh konsultan desain Grahacipta Adiprana. Privasi menjadi hal yang utama di Keraton at The Plaza. Ketika menjejakkan kaki di lobi, suasana tenang—layaknya keraton—akan menyambut Anda. Para petugas di meja resepsionis pun sangat membantu. Proses check-in juga bisa dilakukan di kamar bila Anda terlalu lelah untuk melakukannya.

—KAMAR Ukuran kamarnya cukup luas. Bahkan untuk tipe standar. Tiap unitnya dihiasi dengan pernak-pernik khas Indonesia seperti ukiran atau hiasan dinding bercorak khas. Selembar kain batik juga menghiasi matrasnya. Guna mengimbangi sentuhan tradisionalnya yang kental, kamarnya dilengkapi dengan amenity modern seperti peranti audio Bose, TV LCD 42 inci, monitor LCD 22 inci di meja kerja yang bisa terkoneksi dengan laptop, dan sebagainya. Sebuah bak mandi luks Jackson buatan Jepang ditanam di kamar mandi. Keraton at The Plaza adalah properti pertama di Indonesia yang menggunakannya. Selain itu, untuk memaksimalkan sajian pemandangan kota Jakarta, jendela-jendela raksasa disematkan di setiap kamar. Namun jangan khawatir akan privasi Anda, karena jendela-jendela tersebut bisa ditutup dengan tirai elektrik yang dapat dioperasikan dengan remote control.

—KULINER Hotel yang dibuka pertengahan 2012 silam ini hanya memiliki dua outlet F&B: Bengawan Restaurant dan Keraton Lounge. Namun demikian tak menyurutkan pamornya. Menu di Bengawan terinspirasi masakan Indonesia bercita rasa autentik. Perjuangan sang koki menciptakan keaslian rasa melalui proses trial and error yang panjang sebelum menemukan yang pas di lidah. Membantah mitos bahwa makanan Indonesia di hotel berbintang selalu terasa kurang bumbu. Menu yang layak dicoba: iga bakar, soto Betawi, dan ayam bakar. Namun jika Anda menginginkan kudapan khas Barat, Bengawan juga memiliki sejumlah pilihan. Keraton Lounge yang terletak di lobi, di lain pihak, lebih fokus pada cemilan dan sarapan seperti sandwich—yang pasti pilihan koktailnya tak mengecewakan.

—FASILITAS Layaknya hotel kebanyakan, Keraton at The Plaza juga dilengkapipusat kebugaran. Kolam renang semi-terbuka berdesain menarik bisa ditemukan  di sebelah restoran. Spa juga tersedia meskipun pilihan perawatannya tak kolosal. Karena peruntukannya bukan sebagai hotel MICE, Keraton at The Plaza hanya menyediakan sebuah ruang rapat mini yang dapat menampung 10 kandidat dan bisa digunakan para tamu sonder bayar.

—GAYA HIDUP Urusan bisnis kadang melelahkan. Untuk kabur sejenak dari beban tersebut , tamu bisa melakukan retail therapy di Plaza Indonesia. Mal dengan puluhan restoran dan kafe serta butik-butik kenamaan ini juga menjadi salah satu daya jual Keraton at The Plaza. Akses langsung dapat ditemukan di area lobi bagian belakang. Sementara itu, layaknya bintang film, tamu yang menginap di Keraton at The Plaza juga diizinkan menggunakan mobil mewah merek BMW yang disediakan pihak hotel untuk berkeliling kota maupun bertemu rekan bisnis dengan biaya tambahan yang tidak terlalu mahal.

—INFO LAIN Bulan Oktober silam mereka baru saja merilis kamar tipe Keraton Suites yang tiap unitnya memiliki luas 136 meter persegi. Kamar ini terletak di lantai 22 dan hanya berjumlah 8 buah. Amenity yang tersedia mirip dengan yang ada di kamar standar, namun kamar tipe ini memiliki ruang tamu yang luas, ruang makan yang bisa menampung 8 orang dan sebuah kamar mandi ekstra lapang. Tiap kamar mengusung tema Indonesia yang berbeda seperti Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan lain sebagainya.

Jl. MH. Thamrin Kav. 15; 021/5068-0000; keratonattheplazajakarta.com; doubles mulai dari $365++



Related Posts

4249 Views

Book your hotel

Book your flight