Kanal Bersejarah di Prefektur Hokkaido

musim dingin hokkaidoOtaru Canal yang terlihat memesona di musim dingin. (Foto oleh JNTO)

Musim dingin telah tiba. Destinasi liburan musim dingin yang paling tersohor di Jepang adalah Prefektur Hokkaido yang menyimpan trek ski dan festival musim dingin. Namun liburan di Hokkaido tak melulu harus ski, namun juga belajar sejarah. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Otaru Canal.

Kanal yang terletak di kota Otaru ini adalah situs sejarah yang tak boleh dilewatkan. Arteri kota selebar 40 meter ini berperan vital dalam kiprah Otaru sebagai salah satu kota pelabuhan terpenting di utara Jepang pada abad ke-20. Di kanal inilah perahu-perahu kecil berseliweran mengangkut hasil bumi dari pelabuhan menuju kota.

Baca juga: 4 Tempat Ski Paling Dekat dari Indonesia; Jepang Cetuskan Rute Shinkansen Baru

Perannya sebagai rute perdagangan memang telah ditanggalkan. Pada 1986, Otaru Canal dinobatkan sebagai cagar budaya. Bangunan-bangunan bertubuh bata di kedua sisinya direstorasi. Guna memudahkan turis menelusuri kanal sepanjang 140 meter ini, jalur pedestrian di bangun di salah satu sisi kanal.

Festival lampu di musim dingin yang digelar di sekitar kanal. (Foto oleh Yoichi Snow Story)

Seiring itu, bisnis pun merekah. Kedai dan toko bermunculan di gedung-gedung tua di sekitar kanal. Sepanjang hari, kita bisa menemukan seniman lokal memajang karyanya. Dari lukisan hingga pahatan. Datang di malam hari, kanal berpendar syahdu menampilkan nuansa romantis. Di musim dingin Februari, kanal ini menjadi pusat Otaru Snow Light Path Festival.

Cara paling mudah menjangkau objek wisata ini adalah via Stasiun Otaru dengan menggunakan JR Hokkaido Hakodate Main Line. Dari stasiun, lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki selama 10 menit menuju kanal.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Otaru.

Comments