Jet Airways Resmi Berhenti Beroperasi

Tak lagi punya biaya operasional, Jet Airways akhirnya resmi hentikan seluruh penerbangannya. (Foto: Reuters)

Setelah pekan lalu Jet Airways mengumumkan pembatalan seluruh penerbangan internasionalnya, kali ini maskapai asal India tersebut resmi menyerah dan menghentikan seluruh operasional mereka. Hal ini dilakukan karena konsorsium pemberi pinjaman menolak permintaan Jet Airways untuk memberikan dana darurat.

Perusahaan aviasi yang terlilit utang bank sekitar US$1,2 miliar tersebut memang telah mengajukan pinjaman sebagai bagian dari upaya penyelamatan operasional. Namun usaha mereka tidak membuahkan hasil. Imbasnya adalah maskapai berbiaya rendah tersebut bersiap untuk mengakhiri penerbangan pada hari ini, yakni 18 April 2019.

Baca juga: 8 Tempat yang Wajib Dikunjungi di India; Pesta Harian di Perbatasan India-Pakistan

Tanpa biaya operasional, maskapai penerbangan terbesar kedua India ini tentu saja tidak dapat membayar bahan bakar atau layanan penting lainnya. Jet Airways juga punya tumpukan utang besar kepada pemasok, pilot, hingga perusahaan minyak. Hal ini semakin parah dalam beberapa pekan terakhir karena pihak perusahaan sewa guna usaha (lessor) membatalkan pendaftaran dan mengambil alih total 48 pesawat. Selain itu, regulator penerbangan India juga menyatakan bahwa lessor kembali mengajukan permohonan deregistrasi empat pesawat Boeing 737 lainnya.

Jet Airways berjanji bakal segera mengembalikan uang bagi seluruh penumpang yang telah melakukan pembelian tiket pesawat. Namun, jika memesan melalui agen perjalanan, penumpang diharapkan segera menghubungi pihak agen perjalanan untuk memproses pengembalian uang.

Informasi selengkapnya, kunjungi Jet Airways.

Comments