India Berikan SIM Card Lokal Gratis Buat Turis

Taj Mahal yang selalu menjadi destinasi favorit wisatawan.

Saat traveling, SIM card lokal berguna untuk kelancaran komunikasi bebas roaming serta sambungan internet bagi turis asing. Peduli akan hal ini, pemerintah India menyiapkan program pemberian kartu SIM gratis untuk setiap wisatawan yang ingin mengunjungi negara tersebut. Fasilitas ini tersedia bagi pelancong dari 150 negara yang menggunakan fasilitas e-visa—termasuk Indonesia.

Seperti yang disebutkan oleh India Asosiasi Tour Operator (IATO), untuk tahap pertama, SIM Card akan tersedia di Indira Gandhi Airport, New Delhi. Kemudian, program ini akan berlanjut di 15 bandara besar lainnya di seluruh India.

Mekanismenya cukup mudah, pengunjung hanya perlu melampirkan paspor beserta salinan e-visa. Setelah itu, SIM card dari operator telekomunikasi BSNL ini dapat langsung diaktifkan dengan paket data sebesar 50 MB, dan ditambah kredit untuk melakukan panggilan telepon. Nantinya, kartu SIM ini akan menjadi bagian dari tourist kit beserta peta, booklet pariwisata, informasi tentang berbagai destinasi wisata di India, dan nomor telepon darurat.

City Palace, salah satu obyek wisata populer di Udaipur.

Langkah ini juga sekaligus untuk mempromosikan konsep wisata bebas repot bagi wisatawan asing. Seperti yang diketahui, rumitnya birokrasi menyebabkan turis kesulitan untuk mendapatkan nomor telepon India.

Meski demikian, India bukanlah negara pertama yang mewujudkan ide ini. Agustus lalu, Thailand telah menyetujui rencana untuk mewajibkan wisatawan menggunakan SIM Card khusus.



Comments

Related Posts

3893 Views

Book your hotel

Book your flight