Hotel Raffles Resmi Buka di Jakarta

Desain kamarnya impresif dengan sentuhan seni yang kental.
Desain kamarnya impresif dengan sentuhan seni yang kental.

  • Kamar didesain dengan jendela berukuran besar untuk memaksimalkan penetrasi cahaya natural.

    Kamar didesain dengan jendela berukuran besar untuk memaksimalkan penetrasi cahaya natural.

  • Desain kamarnya impresif dengan sentuhan seni yang kental.

    Desain kamarnya impresif dengan sentuhan seni yang kental.

Click image to view full size

Merek Raffles Hotel dimulai pada 1887 di Singapura. Properti pertamanya yang terletak di negeri jiran tersebut hingga kini masih beroperasi dan dianggap sebagai salah satu hotel paling eksklusif di dunia. Tahun 2014, Raffles membuka propertinya di Istanbul. Pada 2015, Jakarta yang kebagian giliran.

Di Singapura, Raffles melegenda berkat sejarahnya. Untuk cabangnya di Jakarta, merek ini juga berniat menghidupkan sejarah, namun mediumnya bukan bangunan sepuh, melainkan lukisan-lukisan tua. Persisnya lukisan tua karya Hendra Gunawan. Persisnya lagi, lukisan Hendra yang digemari Ciputra.

Di Jakarta, Raffles bekerja sama dengan seorang kolektor ternama untuk membidani sebuah hotel artistik yang mengawinkan kemewahan dengan seni. Interiornya menampilkan desain distingtif yang didedikasikan untuk mengenang Hendra, pendiri Akademi Seni Rupa Indonesia.

Mosaik lukisan Menyusui II yang berukuran masif dipajang di lobi. Sementara karya bertajuk Arjuna Menyusui menghiasi dinding Writers Bar. Singgah di Arts Café, terpampang Pedagang Durian yang memperkaya suasana makan. “Tiap benda seni diseleksi langsung oleh Pak Ciputra sendiri,” ujar Viana Igah, Director of Marketing Communications. “Semuanya punya makna dan cerita.”

Raffles Jakarta mengoleksi 173 kamar. Setiap unitnya juga tak luput dari sentuhan Hendra. Di kamar mandi misalnya, replika Digigit Kepiting mempercantik dinding dan memantik imajinasi. Karya bertarikh 1970 ini memang sangat disukai Ciputra. Jika ingin lebih dalam mengenal Hendra, Raffles Jakarta telah menyiapkan Art Concierge. Dan andaikan Anda hendak lebih khusyuk menghayati lukisan, silakan mampir ke Ciputra Museum yang terhubung langsung dengan hotel. Di sini, Anda juga bisa menemukan sketsa dan surat-surat pribadi Hendra.

Penginapan premium ini dilengkapi dengan pilihan gerai makanan impresif, yakni Writers Bar (ada di seluruh properti Raffles), Arts Café, dan Navina yang terletak di tepi kolam renang. Rencananya, dua restoran lainnya akan buka akhir tahun ini. Hotel yang dibuka pada 16 Maret 2015 ini juga menyediakan beragam pilihan ruang rapat mulai dari boardroom privat hingga ballroom seluas 2.500 meter persegi. Fasilitas lainnya mencakup kolam renang, lapangan tenis, pusat kebugaran, area yoga, serta trek joging sepanjang 300 meter yang terletak di taman di lantai 14. Selama masa pembukaan, tersedia diskon sebesar 25 persen untuk tarif kamar bagi tamu yang menginap antara 1 Maret hingga 30 Juni 2015.

Ciputra World 1, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.3-5, Jakarta Selatan; 021/2988-0888; raffles.com/jakarta; doubles mulai dari Rp3.177.000

Share this Article


Comments

Related Posts

2779 Views

Book your hotel

Book your flight