Haneda Dirombak, Rute Jakarta-Tokyo Bertambah

Kini dengan terminal internasional yang lebih luas, Bandara Tokyo Haneda bisa melayani lebih banyak penerbangan dari/ke luar negeri.
Kini dengan terminal internasional yang lebih luas, Bandara Tokyo Haneda bisa melayani lebih banyak penerbangan dari/ke luar negeri.

  • Selain Jakarta dan berbagai destinasi di Asia Tenggara, ANA juga melakukan penerbangan perdana Haneda-Vancouver.

    Selain Jakarta dan berbagai destinasi di Asia Tenggara, ANA juga melakukan penerbangan perdana Haneda-Vancouver.

  • Kini dengan terminal internasional yang lebih luas, Bandara Tokyo Haneda bisa melayani lebih banyak penerbangan dari/ke luar negeri.

    Kini dengan terminal internasional yang lebih luas, Bandara Tokyo Haneda bisa melayani lebih banyak penerbangan dari/ke luar negeri.

Click image to view full size

Bandara Internasional Haneda Tokyo baru saja menyelesaikan proyek perluasan terminal internasional. Kabar baik menyusul setelahnya. Bandara yang berlokasi di tengah kota Tokyo tersebut kini mampu memfasilitasi lebih banyak lalu lintas pesawat. Artinya, sejumlah maskapai kini bisa membuka rute baru dari/ke bandara tersebut. Salah satunya rute dari Jakarta ke Tokyo. Penerbangan anyar Tokyo-Jakarta pp terbaru dilayani oleh maskapai All Nippon Airways atau dikenal dengan ANA. Selain Jakarta, maskapai yang baru saja mengistirahatkan seluruh armada Boeing 747-nya ini juga membuka penerbangan baru ke Hanoi, London, Paris, Vancouver, dan Manila mulai 30 Maret 2014. Sebelum perluasan, akibat padatnya bandara, mayoritas penerbangan ke kedua wilayah di Haneda hanya disediakan jadwal slot malam hari—yang biasanya kurang diminati penumpang. Selain ANA, maskapai lain yang ketiban rezeki atas perluasan terminal internasional ini adalah Japan Airlines dengan mengantongi izin lima rute baru. Selain itu JAL juga mengubah beberapa jadwal rute lintas benuanya dari malam hari ke siang hari untuk menarik lebih banyak penumpang.

Setelah 32 tahun absen dari penerbangan internasional, Bandara Haneda membuka pintunya untuk penerbangan internasional pada 2010 silam. Bandara ini akan disulap menjadi hub internasional turis yang ingin meneruskan dengan penerbangan domestik. Diharapkan, dengan renovasi ini jumlah penerbangan internasional dari Haneda bisa bertambah dari 60.000 penerbangan per tahun menjadi 90.000 penerbangan. Terminal internasional yang dulu hanya seluas 150.000 meter persegi kini membengkak menjadi 236.000 meter persegi. Jumlah boarding gate pun bertambah dari 10 pintu menjadi 18 pintu. Sedangkan jumlah konter check in juga bertambah 48 unit dengan jumlah total kini mencapai 144 unit.

Share this Article


Comments

Related Posts

1591 Views

Book your hotel

Book your flight