Garuda Tutup Rute Nonstop Jakarta-London

Armada Boeing 777-300ER milik Garuda Indonesia dengan cat bodi khusus.

Garuda Indonesia memastikan akan menghentikan operasional rute Jakarta-London per 28 Oktober 2018. Dilansir dari akun Twitter resmi maskapai tersebut, Garuda akan mengalihkan rutenya menjadi Jakarta-Amsterdam-London dengan rute Amsterdam-London menggandeng maskapai anggota SkyTeam.

Dilansir dari Tempo.co, Pahala Mansyuri, Direktur Utama Garuda Indonesia, mengatakan bahwa alasan utama penutupan rute ini adalah pendapatan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Dia mengungkapkan, Garuda selama ini hanya diperbolehkan untuk mengisi 75 persen dari kapasitas pesawat Boeing 777-300ER yang digunakan untuk melayani rute tersebut. Pembatasan kapasitas itu ditetapkan oleh Bandara Soekarno-Hatta sehubungan dengan kapasitas landasan yang kurang memadai.

Baca juga: Garuda Indonesia Rilis Lima Rute Baru, Garuda Gandeng Sriwijaya Air

Sebagai gantinya, Garuda akan melebur rute nonstop ini dengan rute Jakarta-Amsterdam. Ini artinya, penumpang yang bepergian dari Jakarta ke London dan sebaliknya akan transit dulu di Amsterdam. Rute itu rencananya akan dilayani sebanyak enam kali per pekan. Sebelumnya, rute Jakarta-Amsterdam hanya beroperasi sebanyak tiga kali per pekan.

Rute nonstop Jakarta-London pp diluncurkan pada 2014. Namun ini bukan pertama kalinya Garuda melayani penerbangan ke Ibu Kota Inggris tersebut. Maskapai tersebut mulai melayani pasar Inggris pada medio 1980-an dengan menggandeng maskapai lain. Rute perdana Jakarta-London diluncurkan pada Oktober 1992 dengan satu kali transit di Abu Dhabi. Selanjutnya Garuda juga melayani rute dari Denpasar ke London via Denpasar. Pada Oktober 1997, semua operasional ke London dihentikan selama dua tahun sebelum kembali melayani rute Denpasar-Bangkok-London pada November 1999 sebelum akhirnya diubah menjadi Denpasar-Singapura-London. Rute ini kemudian dibekukan pada Mei 2003 sebelum kembali beroperasi pada 2014 lalu.

Menurut Pahala, untuk menggantikan rute nonstop Jakarta-London, Garuda tengah menggodok tiga destinasi baru di luar negeri yang akan dilayani oleh Garuda, yakni Paris, Manila, dan Ho Chi Minh.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Garuda Indonesia.

Comments