Garuda Indonesia Kembali Tutup Rute ke London

garuda indonesia londonRute Jakarta-London pp dioperasikan menggunakan armada Boeing 777.

Garuda Indonesia kembali membuat kabar mengejutkan. Maskapai pelat merah Indonesia tersebut akan menutup rute Jakarta-London pp usai masa liburan musim panas tahun ini. Penutupan tersebut dilakukan hanya beberapa bulan setelah Garuda Indonesia membuka kembali rute tersebut Januari 2019 dengan sedikit modifikasi.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, keputusan untuk menutup rute Jakarta-London tersebut diambil manajemen sebagai imbas dari aturan pemerintah yang menurunkan tarif batas atas tiket pesawat. Menurut Ari Askhara, Direktur Utama Garuda Indonesia, pihaknya tak mampu lagi memberikan subsidi untuk rute Jakarta-London. Pasalnya, keuntungan yang diraup perusahaan diprediksi akan menurun menyusul diturunkannya tarif batas atas.

Baca juga: Rute Codeshare Baru JAL dan Garuda; Garuda Rilis Fitur Virtual Reality Experience

Namun turunnya tarif batas atas dipercaya bukan alasan utama dari ditutupnya rute Jakarta-London ini. Garuda melayani rute ini pertama kalinya pada medio 1980-an menggandeng maskapai asing dalam bentuk kerja sama codeshare.

Rute perdana Jakarta-London diluncurkan pada Oktober 1992 dengan satu kali transit di Abu Dhabi. Selanjutnya Garuda juga melayani rute dari Denpasar ke London via Denpasar. Pada Oktober 1997, semua operasional ke London dihentikan selama dua tahun sebelum kembali melayani rute Denpasar-Bangkok-London pada November 1999 sebelum akhirnya diubah menjadi Denpasar-Singapura-London. Rute ini kemudian dibekukan pada Mei 2003 sebelum kembali beroperasi pada 2014.

Sejak 2014, perubahan pun terus berganti. Buruknya strategi juga menjadi pengaruh minimnya penumpang di penerbangan ini. Keruwetan yang dialami oleh rute Jakarta-London mencakup perpindahan operasional bandara di London dari Gatwick ke Heathrow hingga pengubahan penerbangan dari yang awalnya nonstop ke satu kali transit di Singapura.

Minimnya jumlah penumpang membuat Garuda memutuskan untuk menyudahi rute Jakarta-London setelah empat tahun beroperasi pada Oktober 2018. Lucunya, maskapai pelat merah ini kemudian membuka lagi rute tersebut pada Januari 2019 dengan modifikasi rute Jakarta-London via Singapura dan London-Denpasar-Jakarta.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Garuda Indonesia.

Comments