Garuda Gandeng Sriwijaya Air

Terobosan baru kedua maskapai guna meningkatkan jangkauan rute domestik. (Foto: Wikimedia-Creative Commons)

Guna memperluas konektivitas dan meningkatkan jangkauan rute domestik, awal pekan ini, Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group baru saja melaksanakan kerja sama codeshare bersejarah dalam dunia penerbangan Tanah Air. Dengan perjanjian tersebut, maka Garuda Indonesia Group (Garuda Indonesia/Citilink) dan Sriwijaya Group (Sriwijaya/NAM Air) dapat mengembangkan layanan dengan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan kepada pelanggan. Sebagai tahap awal, kedua perusahaan menerapkan Skema Perjanjian Special Prorate Agreement (SPA) dan Codeshare Agreement. Ke depannya pembukaan rute-rute akan dibagi dalam beberapa fase:

  • Kerja sama Codeshare/SPA di rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai. Misalnya: Rute Yogyakarta-Palembang yang dioperasikan oleh Sriwijaya Air, namun dipasarkan Garuda Indonesia atau sebaliknya.
  • Kerja sama Codeshare dengan menggabungkan kedua maskapai. Misalnya: Rute Jakarta-Alor via Kupang: Jakarta – Kupang (dioperasikan oleh Garuda), Kupang-Alor (dioperasikan oleh Sriwijaya Air).

Berdasarkan perjanjian, Garuda Indonesia/Citilink akan menambahkan nomor penerbangan pada penerbangan codeshare dengan Sriwijaya/NAM Air dan sebaliknya. Codeshare kedua maskapai besar ini diharapkan dapat membawa kontribusi positif untuk kemajuan transportasi udara di Indonesia.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Garuda Indonesia atau Sriwijaya Air.

Comments