Garuda Buka Rute Langsung Jakarta-Amsterdam


Armada B777 yang akan digunakan untuk melayani penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam.

  • Garuda Indonesia adalah anggota ke-20 di aliansi penerbangan SkyTeam.

    Garuda Indonesia adalah anggota ke-20 di aliansi penerbangan SkyTeam.

  • Armada B777 yang akan digunakan untuk melayani penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam.

    Armada B777 yang akan digunakan untuk melayani penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam.

Click image to view full size

Garuda Indonesia bakal luncurkan rute nonstop ke Amsterdam namun membatalkan rute nonstop Jakarta-London.

Oleh Rachel Will

Pada 5 Maret 2014, Garuda Indonesia secara resmi bergabung dengan aliansi penerbangan internasional SkyTeam. Dengan bergabungnya Garuda dalam satu aliansi dengan maskapai besar seperti KLM dan Air France, maka kini penumpang maskapai pelat merah tersebut dapat menikmati lebih dari 1.064 destinasi codeshare dan 550 lounge SkyTeam yang tersebar di seluruh dunia.

Menyusul kabar baik tersebut, maskapai nasional Indonesia itu juga mengumumkan peluncuran rute nonstop Jakarta-Amsterdam menggantikan rute Jakarta-London yang sudah digadang-gadang sejak November silam.

“Pertamanya, kami berencana untuk menghubungkan Jakarta-London secara langsung, namun dengan bergabungnya kami di SkyTeam, akan lebih masuk akal bila kami menggunakan Schipol [Bandara Internasional Amsterdam] sebagai hub,” kata Emirsyah Satar, CEO perusahaan BUMN itu.

“Dengan situasi ekonomi yang tak menentu seperti ini, akan lebih baik bila kami membuka rute [ke London] via Amsterdam terlebih dahulu dan, mungkin, akan membuka rute nonstop kelak. Semuanya tergantung dengan sambutan pasar,” imbuhnya.

Selain masalah infrastruktur Bandara Soekarno-Hatta, pembatalan rute langsung Jakarta-London ini juga disebabkan oleh susahnya mendapatkan giliran menggunakan Bandara Gatwick, London.

“Kami punya empat slot saat ini dan tiap hari slot-nya berbeda. Terkadang itu membuat kami harus berangkat dari Jakarta pukul tiga pagi. Bakal sulit dijual tiketnya,” ujar Erik Meijer, Wapres Eksekutif Penjualan dan Pemasaran Garuda Indonesia, menambah keterangan Emirsyah.

“Tunggu saja. Begitu kami akan mendapatkan jadwal yang konsisten, kami akan buka rute langsung ke London,” ujarnya optimis.

Menurut Brendan Sobie, chief analyst untuk CAPA Centre of Aviation, rute anyar itu akan memperkecil jarak antara Garuda dan SkyTeam dengan maskapai-maskapai besar Timur Tengah yang terlebih dulu menawarkan penerbangan nonstop dari Jakarta ke Eropa dan Amerika. Selain itu, penumpang juga akan lebih banyak diuntungkan dengan ketersediaan penerbangan sambungan ke destinasi lain dari Amsterdam yang dilayani oleh anggota SkyTeam.

Namun demikian, pemberhentian di Amsterdam juga bisa mengurangi minat penumpang yang akan bepergian ke London—terutama yang sudah mengantongi tiket—karena bertambahnya durasi perjalanan.

Penerbangan Jakarta-Amsterdam akan dilayani sebanyak lima kali per minggu mulai 29 Mei 2014 dan akan dioperasikan menggunakan armada B777-300ER dengan konfigurasi kabin first class, bisnis dan ekonomi. Ini pertama kalinya Garuda melayani penerbangan langsung ke Eropa setelah tujuh tahun “dihukum” karena dinyatakan tidak aman oleh para ahli penerbangan Uni Eropa. Garuda juga akan menjadi satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan nonstop dari Jakarta ke Amsterdam. Ibu Kota Belanda tersebut merupakan salah satu hub terbesar milik SkyTeam.

Selain rute Jakarta-Amsterdam dan Jakarta-London via Amsterdam, maskapai yang berumur 65 tahun ini juga akan merilis rute ke Mumbai dan Manila dari Jakarta pada akhir tahun 2014. Sedangkan rute baru ke Frankfurt, Jerman direncanakan dirilis pada 2015.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Garuda Indonesia.



Comments

Related Posts

3618 Views

Book your hotel

Book your flight