Festival Glastonbury Kian Ramah Lingkungan

Tahun ini, Glastonbury berencana melarang seluruh penggunaan plastik di area festival. (Foto: Andrew Allcock)

Sejak beberapa tahun belakangan, kampanye ramah lingkungan kian banyak dilakukan beberapa perusahaan besar, mulai dari Starbucks, KFC, The Walt Disney Company, jaringan hotel, hingga maskapai dunia.

Menariknya, isu peduli lingkungan ini juga telah diikuti oleh sederetan festival musik berskala internasional. Salah satunya adalah Glastonbury Festival. Festival tahunan yang bakal digelar di Inggris ini telah menggalakkan beberapa kampanye sayang lingkungan, mulai dari “Love Your Tent” yang mengajak penonton untuk membawa pulang tenda mereka, hingga “The Please Take It Home” yang menyarankan pengunjung untuk membawa pulang peralatan pribadi. Selain itu, pihak penyelenggara juga telah menyebarkan tong berbagai warna untuk untuk memudahkan proses daur ulang.

Untuk tahun ini, festival yang berlangsung dari 26 hingga 30 Juni 2019 tersebut kembali mengedukasi pentingnya menjaga lingkungan dengan melarang seluruh pengunjung, musisi dan staf menggunakan botol plastik sekali pakai dan membawa tempat minum yang bisa diisi ulang. Hal ini dilakukan demi meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai selama acara berlangsung. Karena, pada 2016 silam, Glastonbury Free Press melaporkan bahwa para pengunjung festival meninggalkan 500.000 kantong sampah dan 1.022 ton sampah daur ulang. Sayangnya, sebagian besar botol plastik nyaris tidak dapat didaur ulang.

Baca juga: 5 Festival Musik Ramah LingkunganHotel Paling Ramah Lingkungan di Bali

Nantinya, pihak penyelenggara bakal bekerja sama dengan WaterAid UK untuk menyediakan lokasi air minum isi ulang gratis. Namun, mereka masih menjual minuman kaleng dan spring water dengan botol yang dapat didaur ulang. “Dengan gerakan ini, kami yakin setidaknya dapat mengurangi lebih dari satu juta botol plastik sekali pakai,” tukas Emily Eavis, selaku salah satu pihak penyelenggara Glastonbury Festival.

Informasi selengkapnya, kunjungi Glastonbury Festival.

Comments