Festival Cahaya di Singapura

Oleh Yohanes Sandy
Video oleh Gerry Habir

Jika Vivid Sydney jaraknya cukup jauh untuk dikunjungi, maka Singapore Night Festival bisa menjadi opsi lain untuk menyaksikan instalasi-instalasi cahaya dengan desain atraktif. Festival cahaya anual tersebut tahun ini bergulir dari 17-25 Agustus 2018 di kawasan Bras Basah dan Bugis—distrik yang disebut-sebut sebagai pusat seni dan budaya di Singapura.

Dalam acara yang berlangsung selama sembilan hari tersebut, pengunjung dapat menyaksikan beragam instalasi cahaya karya seniman lokal dan internasional yang disebar di lokasi-lokasi strategis mulai dari National Museum of Singapore, Singapore Art Museum, hingga gang cupet di samping Peranakan Museum dan pusat perbelanjaan Raffles Place.

Baca juga: 7 Festival Cahaya 2018; 5 Festival Sejuta Warna

Tahun ini, festival besutan National Heritage Board tersebut menghadirkan pameran World of WearableArt yang menampilkan baju-baju berdesain unik karya alumni kontestan World of WearableArt, kompetisi desain di Selandia Baru. Kompetisi ini menelurkan perancang-perancang inovatif yang pernah menggarap busana Lady Gaga serta Black Eyed Peas.

Selain pameran instalasi seni dan kostum kontemporer, di episode kesebelasnya Singapore Night Festival juga menyajikan serangkaian pertunjukan seni. Menariknya, pengunjung yang ingin menghadiri festival cahaya ini tak dipungut biaya sepeserpun.

Comments