Dua Museum Modis Yves Saint Laurent

Salah satu sudut museum di Paris yang memajang sketsa dan aksesoris rancangan YSL.

Setelah Louis Vuitton dan Prada membuka museum seni dan fesyen di kota-kota ikonis, kini giliran Yves Saint Laurent yang bakal unjuk gigi. Tak hanya satu, namun dua museum yang didedikasikan untuk karya desainer asal Prancis tersebut akan dibuka di Paris dan Marrakesh.

Ruang kerja sang desainer di Museum Yves Saint Laurent Paris.

Resmi membuka pintu untuk umum awal Oktober lalu, Museum Yves Saint Laurent di Paris berlokasi di markas besar Fondation Pierre Bergé-Yves Saint Laurent. Menampilkan seluruh koleksi, mulai dari desain pertamanya hingga ruang fitting yang biasa digunakan klien saat konsultasi. Layaknya museum fesyen lainnya, Museum Yves Saint Laurent di Paris juga memajang koleksi pribadi sang desainer.

Karakteristik museum YSL di Marrakesh cenderung lebih hangat.

Sementara itu, Musée Yves Saint Laurent Marrakech memiliki ruang yang lebih besar. Gedung seluas 4.000 meter persegi yang baru dibuka pada 19 Oktober silam ini dikurasi sempurna oleh firma Studio KO. Arsitekturnya mengadopsi gaya khas Maroko dengan terrazzo dan susunan batu bata rumit. Fasad bangunan dirancang menyerupai jaket yang dulu menjadi signature design Saint Laurent.

Interior perpustakaan di museum modis ini.

50 potong busana couture dengan beragam tema akan dipamerkan di ruang pameran.

Museum mode pertama di Afrika ini mengantongi koleksi-koleksi seni yang berbeda mulai dari busana, aksesori dan sketsa sang maestro. Malah beberapa berfungsi sebagai ruang pertunjukan film dan runway. Terdapat juga kafetaria, auditorium dan perpustakaan. Tersedia juga beberapa buku langka termasuk sejarah, sastra hingga seni tradisional asal Maroko. Bersemayam di Rue Yves Saint Laurent, museum ini buka setiap hari kecuali Rabu pada pukul 10.00 sampai 18.00 waktu setempat.

Informasi selengkapnya, kunjungi museeyslparis.com dan museeyslmarrakech.com.



Comments

Related Posts

1919 Views

Book your hotel

Book your flight