Debut Festival Foto Internasional Pertama di Indonesia

jipfestAjang JIPFest dipusatkan di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Edisi perdana Jakarta International Photo Festival (JIPFest) resmi dibuka pada Rabu, 3 Juli 2019 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki. Festival foto internasional pertama di Indonesia ini melibatkan lebih dari 60 tokoh industri fotografi, media, dan seni dari dalam dan luar negeri.

Menurut Cristian Rahadiansyah, Festival Director, JIPFest merupakan wadah bagi fotografer dan publik untuk bertemu, berdialog, dan bertukar cerita, serta arena bagi proyek-proyek fotografi untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Dalam edisi perdananya, JIPFest mengusung tema “Identitas.” Tema yang relevan bagi Indonesia, sebuah negara yang memiliki lebih dari 700 bahasa, 300 grup etnis, enam agama resmi, dan 187 aliran kepercayaan.

jipfest
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan sambutan saat upacara pembukaan JIPFest di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki pada 3 Juli 2019.

Baca juga: Bangkitnya Museum di Jakarta; Tempat Kongko Baru di Jakarta

JIPFest 2019 akan diisi oleh beragam aktivitas, mulai dari pameran foto, fringe, workshop, urban photo tour, public lecture, dan masih banyak lagi. Pengisi acaranya pun datang dari beragam aliran fotografi dari dalam dan luar negeri, sebut saja Anton Ismael dari Kelas Pagi; Cyrille Cartier, mentor jurnalisme asal Kroatia; Riza Marlon, punggawa wildlife photography Indonesia; Teun van der Heijden, spesialis buku foto asal Belanda; serta masih banyak lagi.

Untuk masyarakat awam yang ingin menikmati JIPFest, selain pameran foto, Cristian merekomendasikan pengunjung untuk mengikuti acara santai dan ringan, semacam Artist Talk, diskusi panel, dan public lecture. “Tujuannya agar pengunjung dapat lebih memahami sebuah karya serta tahu tentang usaha di baliknya,” tuturnya.

jipfest
Tarian Batik Betawi mengawali upacara pembukaan JIPFest.

Uniknya, JIPFest didesain berbeda dengan festival foto kebanyakan. Alih-alih memusatkan kegiatan di satu tempat, JIPFest menyebar acaranya di 16 tempat di Jakarta Pusat, yakni Taman Ismail Marzuki, Taman Menteng, Galeri Indonesia Kaya, ARTOTEL Thamrin, Rubanah, CoHive D.Lab, KeKini, Goethe-Institut, IFI Jakarta, Sarinah, Jakarta Creative Hub, Tugu Kunstkring Paleis, Kedai Tjikini, Rujak Center for Urban Studies, Upnormal Coffee Roasters Raden Saleh, serta CoHive Filateli.

Ajang festival foto internasional ini bergulir dari 25 Juni hingga 9 Juli 2019.

Informasi lebih lanjut, kunjungi JIPFest.

Comments