Daftar Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kertajati

bandara kertajati, damri kertajati, dari bandung ke kertajatiArsitektur modern Bandara Internasional Kertajati. (Foto: PT Angkasa Pura II).

Per 1 Juli 2019, sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia akan menggeser markas operasionalnya dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka.

“Total ada 12 rute domestik yang dilayani di Kertajati oleh maskapai paling lambat 1 Juli 2019,” jelas Yado Yarismano, VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II (Persero), seperti dikutip dari situs web resmi PT Angkasa Pura II.

Sedikitnya lima maskapai nasional telah mengantongi izin dan menyatakan siap untuk beroperasi dari bandara yang berjarak sekitar 168 kilometer dari pusat kota Bandung tersebut.

Berikut lima maskapai yang dimaksud beserta rutenya dari Kertajati:

  1. Garuda Indonesia: ke Denpasar
    2. Citilink: ke Surabaya, Denpasar, Pekanbaru, Medan, Palembang
    3. AirAsia Indonesia: ke Denpasar, Surabaya
    4. Lion Air: ke Pekanbaru, Banjarmasin, Surabaya, Medan, Denpasar, Batam, Makassar, Balikpapan, Lombok, Pontianak
    5. Xpress Air: ke Padang, Palembang

Baca juga: AirAsia Hadirkan Lima Rute Domestik Baru; 4 Fakta Baru Bandara Kertajati

Bandara Internasional Kertajati adalah bandara terbesar di Jawa Barat dan akan menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Soekarno-Hatta di Cengkareng. Bandara ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Mei 2018 dan rencananya untuk melayani kota-kota di Jawa Barat termasuk Bandung yang selama ini menjadi kota utama. Bandara ini ditargetkan melayani 29 juta penumpang per tahun.

Wacana untuk memindahkan operasional maskapai di Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Internasional Kertajati menuai polemik tersendiri dari para calon penumpang. Pasalnya, lokasinya terlalu jauh dari Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi—sekaligus penyumbang penumpang terbanyak.

Untuk menuju Bandara Internasional Kertajati dibutuhkan waktu tempuh paling cepat 2,5 jam dengan menggunakan angkutan darat. Durasi perjalanan yang panjang menuju bandara tentunya dianggap tidak praktis oleh banyak calon penumpang.

Guna menyiasati problem tersebut, PT Angkasa Pura menggandeng Perum Damri untuk menyediakan transportasi gratis dari Terminal Kebon Kawung di Bandung menuju Bandara Internasional Kertajati pp. Bus untuk trayek tersebut tersedia mulai dari pukul empat dini hari.

Comments