Daftar Kota Termahal dan Termurah di Dunia

DestinAsian Indonesia
Lanskap Marina Bay dengan latar gedung-gedung pencakar langit di Singapura.

Biaya hidup di suatu kota kerap menjadi salah satu faktor untuk menentukan destinasi liburan. Economist Intelligence Unit kembali merilis Worldwide Cost of Living Survey yang mendata biaya hidup di 133 negara berdasarkan harga-harga lebih dari 150 jenis barang dan jasa di pasaran seperti bahan pokok, rokok, wine, dan bahan bakar.

Hasilnya, Singapura kembali menduduki peringkat teratas sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia selama lima tahun berturut-turut. Sedangkan Paris, destinasi liburan populer di Prancis, posisinya melonjak sebanyak lima peringkat dari tahun lalu. Membuatnya menjadi kota paling mahal kedua di dunia. Berikut daftar 10 kota termahal:

1. Singapura
2. Paris
3. Zurich
4. Hong Kong
5. Oslo
6. Jenewa
7. Seoul
8. Kopenhagen
9. Tel Aviv
10. Sydney

DestinAsian Indonesia
Masjid Nizamuddin di New Delhi, salah satu kota dengan biaya hidup terendah di dunia.

Dari daftar anual ini juga dapat dilihat kota-kota dengan biaya hidup biaya hidup termurah di dunia. Kota Damaskus di Suriah menduduki posisi puncak sebagai kota termurah. Sayangnya, kota ini nyaris tertutup dari turis dunia akibat perang. Damaskus menggeser Almaty, kota di Kazakhstan yang tahun lalu menyabet gelar kota dengan biaya hidup terendah di dunia. Berikut daftar 10 kota termurah:

1. Damaskus, Suriah
2. Caracas, Venezuela
3. Almaty, Kazakhstan
4. Lagos, Nigeria
5. Bangalore, India
6. Karachi, Pakistan
7. Algiers, Algeria
8. Chennai, India
9. Bucharest, Rumania
10. New Delhi, India

Informasi lebih lanjut, kunjungi Economist Intelligence Unit.

Comments