Daftar Kota Termahal dan Termurah 2019

Paris meraih peringkat pertama sebagai kota termahal di dunia tahun ini. (Foto: Alexander Kagan)

Tiap tahun, The Economist Intelligence Unit (EIU) rutin merilis Worlwide Cost of Living Survey. Riset ini membandingkan biaya yang harus dikeluarkan seseorang untuk tinggal di 133 kota berbeda di dunia berdasarkan harga-harga lebih dari 160 jenis barang dan jasa di pasaran seperti bahan pokok, rokok, wine, bahan bakar, tagihan listrik dan air, hingga harga sewa rumah.

Namun, untuk pertama kalinya dalam sejarah selama tiga dekade terakhir, peringkat pertama kota termahal berhasil diraih oleh tiga kota sekaligus. Singapura—yang telah berada di peringkat teratas sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia selama enam tahun berturut-turut—kali ini harus berbagi posisi bersama Paris dan Hong Kong.

Sejak 2003, Paris memang selalu masuk 10 besar kota termahal untuk ditinggali. Peringkatnya kian melonjak secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai perbandingan, harga satu kilogram roti di Paris mencapai Rp80.000, Hong Kong Rp55.000 dan Rp48.000 di Singapura. Sedangkan untuk satu kali potong rambut, Anda harus membayar kurang lebih Rp1.700.000 di Paris, Rp1.600.000 di Hong Kong, dan Rp1.400.000 di Singapura.

Peringkat selanjutnya diisi oleh Zurich, Jenewa, Osaka, dan Seoul. New York dan Los Angeles menjadi dua kota di benua Amerika yang berhasil masuk daftar. Berikut daftar kota termahal:

1. Singapura (Singapura)
1. Paris (Prancis)
1. Hong Kong (Tiongkok)
4. Zurich (Swiss)
5. Jenewa (Swiss)
5. Osaka (Jepang)
7. Seoul (Korea Selatan)
7. Kopenhagen (Denmark)
7. New York (AS)
10. Tel Aviv (Israel)
10. Los Angeles (AS)

Lanskap menakjubkan kota Almaty yang terletak di Kazakhstan. (Foto: Alexander Serzhantov)

Dari daftar tahunan ini juga dapat dilihat kota-kota dengan biaya hidup termurah di dunia yang disebabkan oleh rendahnya gaji yang berdampak pada tingkat daya beli. Faktor lainnya adalah adanya gangguan politik dan ekonomi, seperti yang terjadi di Ibu Kota Venezuela, Caracas dan Damaskus di Suriah. Namun, dapat dikatakan bahwa kota-kota ini cenderung tidak terlalu nyaman untuk ditempati. Daftar kota termurah di dunia:

1. Caracas (Venezuela)
2. Damaskus (Suriah)
3. Tashkent (Uzbekistan)
4. Almaty (Kazakhstan)
5. Bangalore (India)
6. Karachi (Pakistan)
6. Lagos (Nigeria)
8. Buenos Aires (Argentina)
8. Chennai (India)
10. New Delhi (India)

Informasi lebih lanjut, kunjungi Economist Intelligence Unit.

Comments