Citilink Mulai Terapkan Bagasi Berbayar

Citilink resmi berlakukan kebijakan bagasi berbayar untuk penerbangan domestik.

Beberapa waktu lalu, dunia penerbangan Indonesia dikejutkan dengan keputusan Lion Group untuk menghapus layanan bagasi gratis, dan mulai menetapkan biaya bagasi untuk seluruh penerbangan domestik. Meskipun mendapatkan banyak respon negatif, namun kebijakan ini justru diikuti oleh maskapai Citilink Indonesia.

Anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut juga secara resmi memberlakukan ketentuan bagasi berbayar untuk seluruh penerbangan domestik. “Ketentuan ini merupakan penyesuaian dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015 mengenai Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi,” ujar Amalia Yaksa selaku Pjs. Vice President Sales and Distribution Citilink Indonesia. Selain itu, Amalia juga menambahkan bahwa Citilink termasuk dalam kategori maskapai dengan pelayanan “no frills” (pelayanan dengan standar minimum), sehingga diizinkan untuk memungut biaya pengangkutan bagasi.

Saat ini, pihak manajemen Citilink sedang melakukan koordinasi dengan stakeholders baik eksternal (termasuk otoritas) maupun internal guna mempersiapkan seluruh infrastruktur pendukung yang diperlukan bagi pelaksanaan ketentuan bagasi tercatat yang bakal segera diterapkan tersebut. Infrastruktur pendukung mulai dari SOP hingga kesiapan SDM, serta sosialisasi kepada masyarakat.

Baca juga: Citilink Tawarkan In-Flight WiFi GratisCitilink Buka Rute Jakarta-Samarinda

Pihak maskapai juga berharap keputusan tersebut bisa berjalan dengan baik, dan ke depannya Citilink juga bakal semakin menjaga keselamatan dan keamanan penumpang, serta kualitas pelayanan penerbangan. Selain itu, ketentuan ini diharapkan dapat terus memberikan kontribusi dalam dinamika iklim industri penerbangan nasional yang positif dengan persaingan yang sehat.

Bagi penumpang yang terbang dengan rute internasional, seperti Jakarta-Penang, Banyuwangi–Kuala Lumpur dan Denpasar–Dili, juga penumpang yang telah menjadi anggota Supergreen atau Garudamiles akan tetap mendapatkan fasilitas bagasi 10 kilogram gratis.

Informasi selengkapnya, kunjungi Citilink.

Tags : Citilink
Comments