Checking In: The Sanctoo Villa

Tipe River Pool Villa yang menatap sungai Wos.

Bali memiliki satu lagi penginapan yang mengajak tamu berdekatan dengan satwa. Tamu bisa menikmati akses sepuasnya ke kebun binatang.

Oleh Yohanes Sandy

Lokasi

Bagi mereka yang menyukai program Night at the Zoo, kini tersedia tawaran baru yang tak kalah atraktif: Stay at the Zoo. Pada tahun lalu, Bali Zoo, kebun binatang satu-satunya di Pulau Dewata, telah meresmikan The Sanctoo Villas & Spa, properti yang mengajak Anda menginap tak jauh dari kandang-kandang satwa. Sanctoo, kata Latin yang berarti “suaka,” bersemayam di kawasan Desa Singapadu, persisnya di lahan rimbun yang dibelah oleh Sungai Wos. Menginap di sini, tamu bisa menikmati akses sepuasnya ke Bali Zoo untuk menyaksikan lebih dari 500 satwa koleksinya, termasuk berkunjung ke zona Kampung Sumatra yang belum lama diresmikan. Keuntungan lainnya, tamu dijamin mendapatkan meja untuk sesi program populer Breakfast with Orangutan di Gayo Restaurant.

Fasad vila yang diperkaya elemen natural.

Desain

Bali Zoo menyerahkan desain Sanctoo kepada Imaji Kryamaha, firma arsitektur lokal yang pernah menangani Bougainville Villa di Seminyak. Untuk Sanctoo, Imaji Kryamaha mengaplikasikan langgam desain yang relatif jamak di Bali: tropis kontemporer. Interior tiap vila diperkaya elemen natural dan didominasi warna cokelat yang memancarkan kehangatan. Sentuhan kreatif yang berkesan dihadirkan lewat permainan motif tradisional dari tiga pulau di Indonesia, yakni Sulawesi, Borneo, dan Bali.

Kamar

Sanctoo memayungi total 12 unit vila. Masing-masingnya memiliki luas 300 meter persegi, kira-kira setara luas vila satu kamar di Four Seasons Jimbaran. Vila di Sanctoo terbagi dalam dua kategori: Garden Pool Villa dan River Pool Villa. Perbedaan terbesarnya terletak pada panorama yang disajikannya: pepohonan atau sungai. Tiap vila dilengkapi gazebo dan kolam renang privat, serta dikepung taman rimbun, sementara amenitas baku di interiornya antara lain kamar mandi lapang yang dilengkapi bathtub, televisI LCD 43 inci, perangkat system audio Bose, minibar, serta mesin peracik espresso Illy. Setiap harinya, tamu akan menerima bingkisan buah gratis di pagi hari, kemudian cenderamata menjelang malam—bonus yang sebenarnya cukup lumrah untuk standar vila di Bali, tapi tidak pernah membosankan.

Interior vila yang didominasi warna cokelat.

Aktivitas

Menginap di dekat satwa bukanlah tawaran baru di Bali. Elephant Safari Park dan Bali Safari Park juga memiliki penginapan berkonsep sejenis. Satu kesamaan di antara mereka, tamu senantiasa diundang untuk beraktivitas di luar kamar. Khusus Sanctoo, opsi kegiatannya antara lain trekking, bersepeda, hingga yang paling menantang, kelas pelatihan mahout (pawang gajah) selama sehari. Rampung berdekatan dengan satwa dan menguras peluh, tamu bisa memanjakan tubuh di fasilitas spa yang bersarang di tepi Sungai Wos.

Jl. Raya Singapadu, Gang Beji, Gianyar, Bali; 0361/4711-222; thesanctoovilla.com; vila mulai dari Rp2.800.000.



Comments

Related Posts

1632 Views

Book your hotel

Book your flight