Checking In: de Braga by Artotel

Hotel Artotel pertama di Kota Kembang. Lokasinya strategis untuk menjelajah kota.

de braga bandung
Eksterior gedung baru yang merupakan proyek kerja sama dua perusahaan BUMN.

Oleh Yohanes Sandy

Lokasi
Sesuai namanya, de Braga by Artotel bersemayam di Jalan Braga, bulevar legendaris di Bandung. Lokasinya yang strategis membuatnya ideal sebagai awal dari perjalanan menjelajah kota. Jalan Asia-Afrika yang kaya sejarah hanya berjarak lima menit berjalan kaki dari hotel. Di sini Anda bisa menemukan sentra kreatif para pemuda kota Bandung. Sekitar 10 menit dari hotel, Anda juga bisa menjangkau pusat kuliner Jalan Braga dengan deretan kafe dan kedai kopinya.

Desain
Hotel ini menempati gedung baru yang merupakan kerja sama dua perusahaan BUMN, yakni PT Wijaya Karya sebagai kontraktor dan PT Sarinah sebagai pemilik lahan. Menariknya, sisi depan tetap mempertahankan bangunan beratap rendah yang dulunya dikenal sebagai gedung Sarinah, toko busana yang populer di era 1970-an. Pelang Sarinah dengan desainnya yang khas masih tetap dipasang di sisi depan gedung yang kini berfungsi sebagai kafe. Lazimnya hotel yang dikelola oleh Artotel, interiornya dihiasi oleh karya seni memikat. Ada tujuh seniman populer Bandung yang disewa untuk mempercantik interior de Braga mulai dari lobi hingga kamar.

Tiap kamarnya dihiasi dengan mural karya seniman lokal.

Kamar
de Braga mengoleksi 112 kamar yang dicetak lapang dengan luas mulai dari 25 meter persegi. Tiap kamar dilengkapi dengan matras yang nyaman, televisi 42 inci, koneksi WiFi, serta mesin peracik kopi Dolce Gusto. Mempertahankan ciri khas Artotel, sebidang mural menghiasi tiap kamar.

Kolam renang hotel yang biasa digunakan untuk bersantai tamu.

Fasilitas
de Braga memiliki sebuah kolam renang yang terletak di ketinggian. Ukurannya cukup untuk bersantai. Sebagai hotel pelesir dan bisnis, de Braga juga memiliki enam ruang pertemuan yang dapat dimanfaatkan untuk ruang rapat maupun kenduri. Seperti properti Artotel lainnya, de Braga juga dilengkapi dengan galeri Artspace yang digunakan untuk memajang karya-karya seniman atau sebagai tempat pameran.

Kunst Bistro, restoran utama yang buka 24 jam setiap hari.

Kuliner
Hotel dengan interior artistik ini menawarkan dua gerai makan dan minum. Bistro berstatus sebagai restoran utama menyuguhkan beragam hidangan Nusantara dan internasional. Hidangan Nusantaranya memiliki cita rasa yang cocok di lidah tamu lokal: berani bumbu. Salah satu yang wajib dicoba adalah iga rica-rica. Bistro beroperasi 24 jam dan terbuka untuk tamu luar hotel. Sementara itu, bagi Anda yang mendambakan wadah kongko menarik, Terrace Café yang terletak di sebelah lobi bisa menjadi pilihan. Kafe dengan akses langsung ke Jalan Braga ini menawarkan beragam minuman dan kopi artisanal. Cocok untuk kongko di sore hari sebelum melanjutkan makan malam.

Jl. Braga No. 10, Bandung, Jawa Barat; 022/8601-6100; debragahotel.com; doubles mulai dari Rp555.000.

Comments