Checking In: Alana Sentul

Archipelago International meluncurkan hotel Alana keempat di Indonesia. Lokasinya dekat dengan bermacam tempat rekreasi di Sentul.

Tiap kamar dilengkapi dengan balkon privat.

Teks dan foto oleh Yohanes Sandy

Lokasi
Hotel bintang empat ini lokasinya cukup strategis. Terletak di kawasan Sentul City, hotel dengan nama lengkap The Alana Hotel & Conference Center – Sentul City itu hanya berjarak sekitar lima menit berkendara dari gerbang tol Sentul Selatan. Selain itu, penginapan ini juga bersemayam di sebelah Pasar Ah Poong yang dikenal sebagai lokasi wisata kuliner serta beberapa menit berkendara dari Taman Budaya dan lapangan golf.

Desain
Bangunan Alana Sentul berukuran cukup masif dan menjulang setinggi 10 lantai. Desainnya modern dengan sentuhan motif kontemporer yang dapat ditemukan di sudut-sudut hotel mulai dari pilar di lobi hingga kamar. Guna mempercantik tampilan, Alana Sentul menyematkan furnitur warna-warni bergaya modern kontemporer di lobi serta restoran.

Ukuran kamarnya cukup lapang serta memiliki amenitas yang mumpuni. (Foto oleh Archipelago International)

Kamar
Alana Sentul menaungi 271 kamar yang terbagi menjadi tiga kategori yakni Deluxe, Suite dan President Suite. Desainnya simpel dengan luas mulai dari 27 meter persegi serta dilengkapi dengan amenitas baku mumpuni seperti koneksi WiFi, televisi 43 inci serta balkon privat. Untuk standar Indonesia, koneksi WiFi-nya cukup cepat. Tak hanya itu, satu hal lain yang patut dipuji adalah matrasnya yang sangat nyaman. Bagi mereka yang datang dengan keluarga, kamar tipe Suite merupakan opsi yang ideal. Kamar yang berada di pojok tiap lantai ini memiliki luas dua kali kamar Deluxe serta dilengkapi dengan ruang duduk serta dapur mini.

Kiri-kanan: Interior restoran Grand Canyon; coffee shop di samping lobi.

Kuliner
Hotel yang resmi dibuka pada 16 Juli 2018 tersebut hanya memiliki satu restoran dan satu coffee shop. Restorannya, Green Canyon, dicetak cukup lapang dengan desain elegan mirip restoran-restoran di hotel bintang lima serta sanggup menampung hingga 350 tamu. Untuk menunya, Green Canyon menyajikan hidangan internasional mulai dari pasta hingga rendang. Tim kuliner Alana Sentul sukses menyajikan hidangan yang menggugah selera dengan bumbu yang berani dan cita rasa yang pas di lidah orang Indonesia.

Kolam renang berukuran besar lengkap dengan kolam anak-anak terpisah.

Fasilitas
“Alana Sentul adalah hotel bisnis yang juga berorientasi kepada tamu keluarga. Oleh karena itu hotel ini juga memiliki fasilitas pelesir yang mumpuni,” ujar Daniel Hutagalung, General Manager. Hotel ini dilengkapi dengan kolam renang luas, kolam anak-anak, spa, kids club dan pusat kebugaran. Oktober mendatang, Alana Sentul juga akan membuka Sky Lounge di lantai 10 yang berfungsi sebagai wadah kongko tamu dan publik. “Konsepnya restoran dan bar semi outdoor dengan pemandangan 360 derajat,” pungkas Daniel. Untuk keperluan bisnis, Alana Sentul menawarkan 14 ruang rapat serta satu ballroom mini berkapasitas 200-an delegasi.

Aktivitas
Lokasinya yang strategis membuat Alana Sentul memiliki akses praktis ke berbagai destinasi di Sentul City. Sentra kuliner Ah Poong dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama lima menit dari hotel sedangkan Taman Budaya yang menawarkan beragam aktivitas permainan menarik hanya berjarak 10 menit berkendara dari hotel. Bagi pencinta golf, Alana Sentul juga menawarkan paket menginap dan golf bekerja sama dengan Sentul Highland Golf Club.

Jl. Ir. H. Juanda, No. 76, Sentul City, Bogor; 021/8428-0888; alanahotels.com; doubles mulai dari Rp718.000.

Comments