Cabang Baru Louvre

Desain Louvre Abu Dhabi yang terinspirasi kubah masjid.

Setelah menunggu nyaris satu dekade sejak dibangun, akhirnya salah satu proyek museum terbesar di jagat segera dibuka pada 11 November 2017. Museum yang pembangunannya sempat tertunda lima tahun akibat krisis ekonomi ini terletak di kawasan Saadiyat Island Cultural District.

Louvre ala Abu Dhabi tersebut merupakan bagian dari strategi pariwisata Uni Emirat Arab, yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan hingga 8,5 juta wisatawan per tahun pada 2020.

Detail atap Louvre Abu Dhabi yang sangat menakjubkan.

Bekerja sama dengan pemerintah Prancis, museum universal ini bertujuan untuk menjembatani budaya Barat dan Timur, yang diharapkan dapat berpengaruh besar dalam perkembangan seni dunia. Dirancang oleh Jean Nouvel, bangunannya menampilkan atap berbentuk kubah seberat 7.700 ton—yang merupakan hasil tafsir modern atas masjid. Tujuh lapis material khusus yang menutupi kubah, akan menyaring sinar matahari untuk menampilkan atraksi visual.

Nantinya, Louvre Abu Dhabi akan memamerkan beberapa benda seni hasil akuisisi, salah satunya Breton Boys Wrestling dari Gauguin, dan ratusan karya pinjaman dari sejumlah institusi di Prancis.

Informasi selengkapnya, kunjungi louvreabudhabi.ae.



Comments

Related Posts

2778 Views

Book your hotel

Book your flight