Berenang Bersama Hiu Paus di Australia

  • Selain pentas musik dan makanan, Ningaloo Whaleshark Festival juga diisi dengan aktivitas kreatif. (Foto: Ningaloo Whaleshark Festival Inc.)

    Selain pentas musik dan makanan, Ningaloo Whaleshark Festival juga diisi dengan aktivitas kreatif. (Foto: Ningaloo Whaleshark Festival Inc.)

  • Aktivitas untuk anak-anak dan remaja bersifat edukasi lebih mendominasi festival tahunan ini. (Foto: Ningaloo Whaleshark Festival Inc.)

    Aktivitas untuk anak-anak dan remaja bersifat edukasi lebih mendominasi festival tahunan ini. (Foto: Ningaloo Whaleshark Festival Inc.)

  • Tur melihat atau berenang langsung dengan ikan hiu paus diadakan sepanjang tahun oleh sejumlah operator. (Foto: Ningaloo Whaleshark Festival Inc.)

    Tur melihat atau berenang langsung dengan ikan hiu paus diadakan sepanjang tahun oleh sejumlah operator. (Foto: Ningaloo Whaleshark Festival Inc.)

Click image to view full size

Di Indonesia, spesies hiu paus jamak ditemui di perairan Raja Ampat. Di Australia, ada satu tempat yang kerap dikunjungi oleh ikan terbesar sejagat tersebut, yaitu Ningaloo Coast. Ningaloo Coast ini merupakan daerah pesisir di negara bagian Western Australia seluas 700 hektare lebih dan termaktub dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai situs terumbu karang penepi (fringing) terbesar di dunia. Berkat alam bawah lautnya yang kaya, Ningaloo Coast merupakan tempat persinggahan ikan hiu paus yang memburu makanan di rentang waktu Maret hingga Agustus.

Memanfaatkan hal tersebut, pemerintah menyediakan fasilitas untuk melihat langsung secara dekat atau berenang bersama ikan terbesar sejagat itu. Menurut Ocean Eco Adventures, salah satu operator tur tersebut, biasanya tur melihat ikan hiu paus dimulai dari Coral Bay dan Exmouth dari pertengahan Maret hingga Agustus. Selain bertemu langsung dengan hiu paus, selama periode tersebut pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih maupun snorkeling untuk melihat ikan manta ray, penyu, serta lebih dari 500 ikan tropis. Tiap tahunnya, kawasan ini secara ajek juga menggelar festival Ningaloo Whale Shark Festival bertempat di kota Exmouth dan akan diisi dengan beragam aktivitas keluarga, gala dinner koktail, pemutaran film layar tancap, serta pertunjukan musik secara live. Tahun ini festival tersebut digelar pada 21-24 Mei 2015.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Ningaloo Whale Shark Festival.  



Comments

Related Posts

3023 Views

Book your hotel

Book your flight