Bandara Schiphol Uji Teknologi Biometrik

Teknologi biometrik segera gantikan fungsi paspor.

Teknologi biometrik segera gantikan fungsi paspor.

KLM baru saja memulai percobaan teknologi face-scanning di Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam selama tiga bulan. Langkah tersebut diambil karena bandara di seluruh dunia bergegas memanfaatkan teknologi digital, termasuk pengenalan Biometric Boarding Pass yang dirancang khusus agar penumpang tidak perlu lagi menunjukkan paspor atau boarding pass.

Mekanismenya: penumpang akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu, kemudian memindai wajahnya untuk verifikasi identitas. Bagi mereka yang khawatir datanya akan disalahgunakan, maskapai nasional Belanda tersebut menegaskan bahwa data pribadi tersebut akan terhapus usai menaiki pesawat dan informasi tentang penumpang akan hilang secara otomatis dalam waktu sepuluh jam.

Sebenarnya, teknologi biometrik  bukan satu-satunya cara mutakhir yang dilakukan bandara tersibuk ketiga di Eropa ini. Schiphol juga telah mengimplementasikan sistem CT scanner yang memungkinkan penumpang membawa membawa laptop dan cairan melewati mesin deteksi tanpa perlu mengeluarkannya dari tas. Sementara itu, KLM juga telah meluncurkan robot Spencer yang bertugas mengarahkan penumpang menuju gerbang keberangkatan pesawat.

Informasi lebih lanjut, kunjungi schiphol.nl.

 



Comments

Related Posts

2771 Views

Book your hotel

Book your flight