Bandara Baru Yogyakarta Segera Dibangun

Luasnya nyaris 600 hektar dan dapat menampung hingga tiga kali lipat kapasitas bandara Adisutjipto.

Jumlah pengunjung yang semakin meningkat tiap tahunnya serta kapasitas Bandara Internasional Adisutjipto yang sudah terlalu padat membuat pemerintah dan PT Angkasa Pura I berencana membangun bandara pengganti.

Bersemayam di Kulon Progo, bandar udara yang diberi nama New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini dijadwalkan mulai dibangun pada 2017 dan selesai pada pertengahan 2019.

Meski pembangunannya terbilang mendesak, namun desain bandara seluas 587 hektar ini tetap digarap serius dan digadang-gadang memiliki konsep kelas dunia. Dilengkapi dengan fasilitas modern berteknologi tinggi, mulai dari ruang tunggu berkapasitas lebih dari 1.000 kursi di kedua terminal, hingga lahan parkir yang dibuat senyaman mungkin.

Interior nyeni ala bandara internasional ini.

Menariknya, interior akan disulap bak galeri seni yang menampilkan identitas lokal dengan melibatkan unsur seni dan budaya. Sebut saja atap bemotif batik kawung, lampu-lampu berpola batik tuntrum, hingga ornamen khas yang tersebar di tiap sudut.

NYIA diproyeksikan bisa menampung 10-15 juta penumpang, atau sekitar 2-3 kali lipat kapasitas Bandara Internasional Adisutjipto.

Informasi selengkapnya, kunjungi PT Angkasa Pura I.



Comments

Related Posts

6471 Views

Book your hotel

Book your flight