Bandara Baru India Mulai Beroperasi

bandara pakyongPembukaan bandara yang berlokasi di "atap bumi" ini menjadi pencapaian baru bagi industri penerbangan India. (Foto: Rajiv Srivastava)

Proyek bandara Pakyong mulai dibuka untuk publik. Setelah pembangunan yang memakan waktu nyaris satu dekade, bandara setinggi 1.400 meter yang bersemayam di punggung Pegunungan Himalaya—tepatnya 30 kilometer dari Gangtok, Sikkim—tersebut siap melayani penumpang. Resmi menjadi bandara ke-100 di India, Pakyong diklaim menjadi salah satu bandara tertinggi dan tercantik di dunia.

Bandara yang dibangun dengan biaya kurang lebih satu triliun rupiah ini memiliki luas 201 hektare. Arsitekturnya membelah lereng pegunungan dan diapit lembah-lembah curam di kedua ujung landasan pacu, sehingga proyek ini disebut-sebut sebagai sebuah keajaiban di bidang teknologi India.

Baca juga: WNI Bebas Visa ke IndiaPesta Harian di Perbatasan India-Pakistan

bandara pakyong
Ujung landasan pacu yang diapit lembah curam. (Foto: Rajiv Srivastava)

Nantinya, bandara yang akan menjadi pusat operasional maskapai SpiceJet ini juga dilengkapi dengan dua lahan parkir, dan terminal seluas 2.380 meter persegi yang dapat menampung sekitar 100 penumpang.  Penerbangan pertama bakal diluncurkan pada 4 Oktober mendatang dengan rute Pakyong-Kolkata dan Pakyong-Guwahati. Perdana Menteri Narendra Modi berharap, dengan dibukanya bandara ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan turis ke India, terutama kawasan Sikkim yang memiliki banyak lokasi menarik seperti puncak gunung, gletser, dan danau-danau di dataran tinggi.

Comments