9 Acara Wisata Akhir Tahun 

Dari pesta EDM hingga pesta ramen, berikut sembilan acara seru sepanjang Desember 2018.  

ZoukOut menjadi festival musik yang paling dinantikan sejak 2000.

ZoukOut
Jadwal: 1 Desember 2018
Lokasi: Sentosa, Singapura
Sejak debutnya pada 2000, pesta musik elektronik ini rutin menampilkan DJ papan atas. Untuk episode 2018, ZoukOut mendatangkan antara lain Dimitri Vegas & Like Mike, Galantis, Timmy Trumpet, dan Jeffrey Sutorius. Seperti tahun sebelumnya, pergelaran ini bergulir sejak sore hingga subuh di Pantai Siloso, Pulau Sentosa. zoukout.com.

Acara Krampus Run cukup populer di kalangan anak-anak. (Foto: Franz Neumayr)

Krampus Run
Jadwal: 1-5 Desember 2018
Lokasi: Salzburg, Austria
Tiap 6 Desember, Salzburg merayakan Hari Santo Nikolas, figur dermawan yang menginspirasi karakter Sinterklas. Uniknya, selama lima hari sebelumnya, kota di Austria ini mengenang sosok yang sepenuhnya kontras: Krampus, semacam gondoruwo versi lokal. Dalam Krampus Run, ratusan orang mengenakan kostum monster gondrong itu dan bergentayangan di jalan-jalan kota. salzburg.info.

Selama nyaris sebulan, Ramen Expo bakal menghadirkan aneka ramen lezat dari puluhan kedai di Jepang. (Foto: Japan Travel)

Ramen Expo
Jadwal: 1-25 Desember 2018
Lokasi: Osaka, Jepang
Pesta umami ini menghidangkan aneka ramen buatan sekitar 40 kedai dari penjuru Jepang. Ajang menggiurkan yang dipusatkan di Expo Commemoration Park ini bergulir dari Jumat hingga Minggu, selama empat pekan berturut-turut di Desember. Sesekali, panitia menghadirkan sesi Ladies’ Night yang memberikan diskon khusus tamu perempuan. 2018.ramen-expo.com.

Fête des Lumières Lyon mengundang seniman dari seluruh dunia untuk menciptakan lusinan instalasi menawan.

Fête des Lumières Lyon
Jadwal: 6-9 Desember 2018
Lokasi: Lyon, Prancis
Lyon, kota terbesar ketiga di Prancis, berubah jadi kota yang paling bercahaya tiap Desember. Fête des Lumières, festival cahaya tahunan, menampilkan lebih dari 40 instalasi garapan seniman lokal dan internasional, yang disebar di beragam bangunan, jalan, serta taman kota. fetedeslumieres.lyon.fr.

Baca juga: 7 Agenda Akhir Tahun di MalaysiaPameran Baru Macan

Tahun ini, Djakarta Warehouse Project resmi pindah ke Bali.

Djakarta Warehouse Project
Jadwal: 7-9 Desember 2018
Lokasi: Ungasan, Bali
Namanya Djakarta Warehouse Project. Festival musik elektronik ini dirintis di Jakarta oleh perusahaan asal Jakarta. Akan tetapi, khusus ulang tahunnya yang ke-10, DWP justru direlokasi ke Bali, tepatnya ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Bintang tamunya antara lain The Weeknd, Afrojack, Armin van Buuren, dan Baauer. djakartawarehouse.com.

Festival Film Indonesia
Jadwal: 10 Desember 2018
Lokasi: Cikini, Jakarta
Penghargaan film terbaik dalam FFI 2018 akan diperebutkan oleh tiga film laris: Sekala Niskala, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, serta Aruna & Lidahnya. Sebelumnya berlangsung di Manado, FFI tahun ini diboyong ke Jakarta dan dipusatkan di Taman Ismail Marzuki. festivalfilm.id.

Kochi-Muziris Biennale pernah menghadirkan Aki Sasamoto, Leap of Faith, 2016.

Kochi-Muziris Biennale
Jadwal: 12 Desember 2018-29 Maret 2019
Lokasi: Kochi, India
Di India, Kochi-Muziris adalah ajang bienial internasional pertama khusus seni kontemporer. Pergelaran yang dirintis pada 2012 ini dilangsungkan di Kochi, kota bandar bersejarah di selatan India. Untuk jilid 2018, posisi kepala kurator dipegang oleh Anita Dube, eksponen Radical Painters & Sculptors Association. kochimuzirisbiennale.org

Guangzhou Triennial
Jadwal: 21 Desember 2018-10 Maret 2019
Lokasi: Guangzhou, Tiongkok
Jilid 2018 akan diikuti oleh 49 artis asal 12 negara. Tema yang diusungnya, As We May Think: Feedforward, mengeksplorasi implikasi dari kehadiran ruang-ruang hidup yang dikonstruksi oleh teknologi. Guangzhou Triennial, ajang yang dirintis pada 2002, dipusatkan di Guangdong Museum of Art yang bersemayam elok di tepi Sungai Zhujiang. gdmoa.org.

Dubai Shopping Festival menawarkan diskon besar-besaran di butik-butik ternama

Dubai Shopping Festival
Jadwal: 26 Desember 2018-26 Januari 2019
Lokasi: Dubai, Uni Emirat Arab
Dubai mengoleksi beragam mal gigantik, dan Dubai Shopping Festival adalah momen yang ideal untuk menikmati tawaran mereka—dengan harga diskon! Selain berbelanja, publik bisa menyaksikan pentas kembang api dan konser musik. Jessie J adalah salah seorang artis yang pernah tampil dalam Dubai Shopping Festival. visitdubai.com.

Comments