9 Acara Sepanjang November

Dari festival nougat hingga simposium buku travel lawas, berikut sembilan acara yang menarik didatangi sepanjang November 2018.

Selama empat hari, Jakarta Culinary Feastival menghadirkan rangkaian acara menarik, mulai dari demo masak hingga diskusi seputar kuliner.

Jakarta Culinary Feastival
Jadwal: 1-4 November 2018
Lokasi: Jakarta
Jakarta Culinary Feastival (JCF) kembali tahun ini. Programnya meliputi demo masak, lokakarya kopi, dan diskusi seputar kuliner, sementara koki selebriti yang siap hadir antara lain Chris Salans, Gilles Marx, dan Bara Pattiradjawane. Seluruh acaranya dipusatkan di mal Senayan City. jakartaculinaryfeastival.com.

Penampilan memukau Mew di acara Urbanscapes. (Foto: All Is Amazing)

Urbanscapes
Jadwal: 3-18 November 2018
Lokasi: Kuala Lumpur
Usai pemilu paling monumental dalam sejarah modernnya, Malaysia membuka babak baru, dan Urbanscapes merayakan momen itu dengan mengusung tema Reimagine. Festival ini mempertemukan beragam komunitas kreatif dengan hidangan utama konser berisi musisi dari aneka aliran. Bintang tamu tahun ini antara lain Khalid, Wolf Alice, Bodega, Phum Viphurit, dan Bil Musa. urbanscapes.com.my.

Paris Photo merupakan salah satu ekshibisi yang paling ditunggu di Paris. (Foto: Florent Drillon)

Paris Photo
Jadwal: 8-11 November 2018
Lokasi: Paris
Diklaim sebagai bursa foto terbesar, Paris Photo menampilkan sekitar 180 ekshibitor yang menjajakan karya-karya para fotografer muda hingga maestro. Acara sampingannya mencakup diskusi, peluncuran buku foto, pemutaran film, serta ajang penghargaan foto. Tahun lalu, pergelaran yang dipusatkan di gedung bersejarah Grand Palais ini memikat sekitar 64.000 pengunjung. parisphoto.com.

Salah satu instalasi di festival Glow Eindhoven. (Foto: Claus Langer)

GLOW Eindhoven
Jadwal: 10-17 November 2018
Lokasi: Eindhoven
Dijuluki kota cahaya, Eindhoven merupakan tempat berdirinya pabrik bohlam Philips dan pabrik korek api pertama di Belanda. Sejak 2006, predikat itu dirayakan secara anual melalui festival yang menampilkan puluhan instalasi cahaya kreasi seniman internasional. Dalam episode 2017, ajang yang didatangi 700.000 pengunjung ini menampilkan beragam instalasi di rute sepanjang enam kilometer. gloweindhoven.nl.

Seu corpo da obra (Your body of work) 2011, instalasi karya Olafur Eliasson yang bakal hadir di acara Minimalism: Space. Light. Object. (Foto: Anders Sune Berg)

Minimalism: Space. Light. Object
Jadwal: 16 November 2018-14 April 2019
Lokasi: Singapura
Dalam dunia seni, minimalisme adalah aliran yang mengeksplorasi karya sebagai realitas dalam dirinya sendiri, bukan representasi dari pengalaman atau perasaan. “Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda lihat,” ujar penggagasnya, Frank Stella. Karya-karya dari poros inilah yang akan dipamerkan oleh National Gallery Singapore dan ArtScience Museum. Magnet utamanya ialah karya dari Mark Rothko, Yayoi Kusama, Anish Kapoor, dan Ai Weiwei. nationalgallery.sg.

Baca juga: 7 Agenda Akhir Tahun di MalaysiaFestival Cahaya di Singapura

Para pembeli dapat membeli aneka nougat di Nougat Festival. (Foto: G.Guarneri)

Nougat Festival
Jadwal: 17-25 November 2018
Lokasi: Cremona
Tidak jelas sebenarnya di mana nougat diciptakan, tapi Cremona selalu merayakan penganan manis itu saban tahunnya. Dalam Nougat Festival, kota di utara Italia ini menyuguhkan antara lain demo masak, pentas musik, parade jalanan, hingga kenduri para produsen torrone, nougat versi Italia.

Karya dari seniman Taiwan, Lee Mingwei yang bakal hadur di Museum Macan pada pertengahan November. (Foto: Anita Kan)

Pameran Tiga Seniman Asia
Jadwal: 17 November 2018-10 Maret 2019
Lokasi: Jakarta
Kelar pameran renyah Yayoi Kusama, Museum Macan menggelar tiga pameran konseptual tiga seniman Asia. Dalam Masa Lalu Belumlah Berlalu, publik bisa menyaksikan performan garapan artis Arahmaiani asal Bandung. Dalam Seven Stories hadir tujuh karya dari seniman Taiwan Lee Mingwei. Sementara dalam One Million Years, Museum Macan mengusung karya partisipatoris dari mendiang On Kawara asal Jepang. museummacan.org.

Loy Krathong merupakan acara tahunan yang biasa diselenggarakan pada akhir November. (Foto: chiangmai-alacarte)

Yee Peng & Loy Krathong
Jadwal: 21-23 November 2018
Lokasi: Chiang Mai
Kedua festival akbar ini membuat Chiang Mai bagaikan kota yang bermandikan cahaya. Prosesinya meliputi larung lilin di sungai, parade jalanan, serta pelepasan ribuan lentera ke angkasa yang memaksa seluruh penerbangan ditutup sementara. Sepanjang festival, hampir semua hotel di Chiang Mai panen tamu, karena itu Anda sangat disarankan memesan kamar jauh hari jika ingin berpartisipasi.

Selain diskusi serius, Borobudur Writers & Cultural Festival juga hadirkan pertunjukan menarik.

Borobudur Writers & Cultural Festival
Jadwal: 22-25 November 2018
Lokasi: Yogyakarta-Magelang
Mengusung tema Diary & Travelling, BWCF 2018 akan menanggap simposium yang mengulas jurnal para petualang masa silam yang singgah di Nusantara, termasuk Wallace, Tome Pires, Ma Huan, serta I-Tsing. Selain diskusi dan peluncuran buku, BWCF menampilkan pertunjukan seni bertema Migrasi. borobudurwriters.id.

Comments