8 Tur Pesiar Asia

Di laut maupun sungai, bisnis pesiar terus merekah di Asia. Penumpangnya ajek meningkat. Bahtera, rute, dan jadwal pelayarannya terus bertambah. Kami mengetes delapan kapal yang beroperasi di kawasan ini.

Kapal Rahai’i Pangun yang membelah sungai di Kalimantan.

Rahai’i Pangun

Kapal premium baru yang menawarkan tur sungai di Borneo. Ulasan oleh Reza Idris.

Kapal semacam Rahai’i Pangun adalah gagasan yang lama dinanti di Kalimantan. Empat dari 10 sungai terpanjang di Nusantara mengalir di sini. Hutan seluas 26 juta hektare membalut tempat ini dan menjadi habitat bagi makhluk karismatik semacam orangutan dan anggrek hutan. Tak ada tempat terbaik di Indonesia untuk menggelar pesiar sungai selain Kalimantan.

Rahai’i Pangun terdiri dari dua tingkat. Dek atasnya menampung zona bersantai, meja makan, serta area kemudi. Sementara dek bawahnya dihuni lima kabin. Seperti rumah-rumah adat, Rahai’i Pangun disusun dari balok-balok kayu, yang kemudian dirangkai secara presisi memakai kearifan tradisi. Segala materi logam yang rawan karat, dihindari.

Kiri-kanan: Orangutan yang jamak ditemui di rute Rahai’i Pangun; senja dilihat dari dek Rahai’i Pangun.

Dimulai dari Kota Palangka Raya, kapal kayu ini membawa penumpang merandai sungai-sungai cokelat, mengintip satwa, melawat desa adat. Warga lazim menyebut wisata semacam ini “susur sungai.” Rahai’i Pangun bukan satu-satunya yang menawarkan aktivitas tersebut di Kalimantan, tapi operatornya adalah yang pertama yang tergabung dalam asosiasi Secret Retreats.

Rahai’i Pangun dioperasikan oleh Kalimantan Tour Destinations (KTD), perusahaan yang didirikan oleh Gaye Thavisin dan Lorna Dowson-Collins. Kisahnya dimulai saat Lorna bekerja untuk sebuah LSM di Kalimantan pada akhir 1990-an. Dia kerap berkelana ke pedalaman guna mengedukasi warga perihal pembalakan liar dan tambang emas ilegal. Dari kunjungan-kunjungan itulah muncul ide membuka sebuah hotel terapung. Sejak kapal pertamanya menyentuh sungai pada 2008, KTD kini telah mengoleksi empat kapal, dan Rahai’i Pangun adalah yang terbesar.

Panjangnya 22 meter, lebarnya enam meter. Berkat ukurannya yang tambun, warga kadang menyebutnya “bus air.”

Destinasi: Kalimantan Tengah. Kapasitas: 12 penumpang. Tarif Pesiar: tiga malam mulai dari Rp9.146.000 per orang. Reservasi: wowborneo.com. >>



Comments

Related Posts

6385 Views

Book your hotel

Book your flight