8 Tempat yang Wajib Dikunjungi di India

Pantai di Goa. (Foto: Arghya Roy)

Sejak kecil, Gurjit Singh gemar berkelana dengan kereta untuk menyaksikan sudut-sudut India. Kepada Cristian Rahadiansyah, Duta Besar India untuk Indonesia ini merekomendasikan delapan tempat wisata favorit di negaranya.

Goa
Kota yang tersohor akan makanan dan pantainya ini melayani semua jenis turis. Bandaranya memiliki koneksi internasional yang mumpuni, salah satu alasan kota ini ditetapkan sebagai tuan rumah permanen Festival Film Internasional India. Kota bersejarah bekas koloni Portugis ini juga mengoleksi banyak basilika, salah satunya Bom Jesus Basilica yang menyimpan jenazah figur suci St. Francis Xavier. “Saya pernah melihat jasadnya,” kenang Gurjit Singh. “Dulu dipertontonkan ke publik saban tahun. Tapi karena tubuhnya kian menciut, pihak gereja hanya memperlihatkannya sekali tiap lima tahun.”

Kuil Emas, salah satu objek wisata populer di Amritsar.

Amritsar
Berstatus kota tersuci bagi agama Sikh, Amritsar adalah petilasan penting dalam wisata spiritual di India. Amritsar berlokasi di Negara Bagian Punjab. Situsnya yang paling tersohor adalah Golden Temple yang dikonstruksi pada akhir abad ke-16. Tapi Amritsar tak cuma menawarkan tur-tur religi. Kota ini telah berkembang menjadi destinasi wisata yang cukup lengkap. Hotel-hotel mewah bermunculan. Bandaranya melayani penerbangan dari London. Situsnya yang juga tersohor adalah Jallianwala Bagh, tempat pecahnya peristiwa berdarah 1919 yang memicu gerakan kemerdekaan India. “Amritsar juga terkenal akan makanannya,” ujar Gurjit Singh yang lahir dan tumbuh di kota ini. “Saat orang bicara wisata kuliner di India, rutenya pasti dimulai dari Amritsar menuju Kolkata.”

Comments